Webmaster SEO Tools

Free xml sitemap generator

Laman

Data Di Flasdisk Hilang?

Dasar Virus Usil!
Satu saat, ane kena juga dikerjain virus. Kayaknya sejenis Worm (Virus yang Makan Exe) Nih Virus Kebaca sama
. Yah.. seperti biasanya, Flash Disk ane selalu mondar-mandir dari satu PC ke PC lain, jadinya, mau gak mau, harus ‘kesurupan’ berbagai macam virus! Folder-folder ane jadi aneh Dan Exe habis di lahap, type datanya yang harusnya type Folder, berubah menjadi type application atau Screensaver. Ajaib.

Dan parahnya, gak bisa dibuka! Ngeselin. Menyebalkan.
Coba saja lihat dalam illustrasi dia atas, Semua folder di Flash Disk ane di drive I, sudah di duplikasi oleh worm. Sehingga muncul folder-folder aneh yang namanya sama seperti folder aslinya, tapi type file nya bukan File Folder, diubah menjadi type Application dan Screen Saver, yang kalo kita coba klik atau open, gak bakalan kebuka.
Seperti biasa juga, Anti-nya virus yang ane andalkan, langsung meng-eksekusi software ‘berandalan’ ini tanpa ampun. Eksekusi Mati. Hapus abis! maksudnya.

Tapi…
Pokonya, semua data di Flash Disk yang berbentuk Exe, HILANG!?!?
Lemes ane…. Semua data penting di USB Flash Disk Lenyap! Sempet juga ane benci sama program anti virus. Ngapain juga pasang antinya virus, kalau malahan nambah ruwet! Mendingan ada virusnya, gw pelihara, gw kembang biakkan, asalkan data-data ane masih utuh.

Itu cerita lama!
Belakangan, ane tahu, kalau virus satu ini yang ternyata banyak yang nyebut Worm, sebenarnya, rada-rada baek. Worm ternyata hanya menduplikat file dan folder-folder kita, File dan Folder kita yang asli, disembunyikan (di-hidden), sedangkan yang dimunculkan hanya duplikat file palsu. Kalau kita coba klik file-file palsu tersebut, bukan hanya menjengkelkan, bikin sebel kita, karena tidak bisa di open, tapi sekaligus membantu mengembangbiakkan virus jenis worm ini hingga menyebar ke seluruh system computer, sampai-sampai bisa membuat system computer terasa lebih lelet, super lemot dan lambat banget dari biasanya (meskipun computer ‘jadul’ kita memang dah lambat dari sononya…hehe..)

Jadi, setelah flash disk kita ‘hajar’ pake antinya virus andalan kita (discan maksudku), kalau kita masuk ke lokasi Flashdisk di exploring windows (sorry dalam contoh ini kebetulan saya masih pake OS Windows XP) maka, sepertinya, kayaknya, file-file dan folder kita ikut hilang, dibabat anti virus tersebut. Ya kosong lah, kelihatannya.

Tapi jangan takut!
File-file kita sebenarnya masih aman, ko, Cuma ngumpet. Disembunyikan worm. Dasar usil banget nin virus.

(oh ya, sorry, Worm sama virus sebenarnya berbeda.
Kalo Virus adalah software jahat yang kerjaannya menginfect data, malah cenderung merusak,
sedangkan Worm hanya menduplikat data dan memakan semua yang berbentuk exe, tapi rada-rada jail, data kita disembunyikan, yang dimunculkan hanya kembaran palsunya.
Ada satu lagi yang terbilang jahat. Namanya Trojan.
Jenis software jahat ini memiliki type keduanya, yang meng-infect data sekaligus menduplikatnya.)

Sekarang kita coba munculkan lagi data-data, baik file maupun folder yang kita anggap hilang dalam flashdisk setelah proses scanning virus dengan antivirus.
Proses
- Ceritanya, kita sudah menyelesaikan scan virus dengan antinya virus.
- Setelah di chek ke lokasi Data Flash Disk lewat exploring, ternyata sekarang, flashdisk kita kosong.
- Tenang saja, Brow. Masih ada dan masih aman, kok, data-data kita.
- Sekarang jalankan command prompt system DOS di Windows XP
- Klik start – Run – ketik cmd

dan tekan OK
- Dalam program kuno ini, kita masuk ke drive di mana flashdisk berada, misalnya di drive G, dengan
mengetikkan G: dan tekan tombol enter di keyboard
- Lantas, kita munculkan data yang ter-hidden worm, dengan perintah DOS yaitu ATTRIB, dengan cara: ketik ATTRIB /S /D –S –H –R, LENGKAPNYA:
- G:\>attrib /s /d –s –h –r lalu tekan tombol Enter di keyboard
- Tunggu beberapa saat sampai prompt G:\> muncul kembali.
- Setelah prompt G:\> muncul lagi, kita check dengan mengetikkan perintah DIR
- Lengkapnya G:\>DIR dan tekan tombol Enter.

(sebenarnya bias juga di lihat dengan windows explorer ke drive I atau Lokasi Flashdisk dalam system Windows.
- Sekarang, file dan folder kita akan muncul kembali dalam ruang data Flash Disk kita.

Alternatif
Ini bagi para ‘penyayang’ virus, atau mungkin collector virus!. Buktinya di PCnya gak ada anti virus. Mau bikin peternakan virus kale ya…
Maksud ane, kalo memang gak punya antivirus, kita gak sempet lakukan eksekusi, scan virus, tapi tentunya ingin sekali data kita yang disembunyikan worm ini dimunculkan kembali dan bias dipakai sebagaimana biasa.
Sebenarnya prosesnya sama, kok. Hanya saja tanpa proses scan virus.

Intinya, setelah kita coba klik folder kita ternyata gak bisa dibuka, lihat type foldernya, biasanya tertulis type File Folder, kalo memang folder asli. Tapi kalo yang muncul type application atau Screen Saver, ini folder palsu, duplikasi worm.
Gak usah pusing, sekarang, tinggal jalankan command prompt DOS di windows XP.
- Start
- Run
- Ketik cmd
- OK atau Enter

- sekarang kita coba masuk ke drive I, di mana lokasi Flash Disk berada. (Catatan: Lokasi atau Drive Flash Disk tidak harus di I, tergantung fasilitas dalam PC kita sendiri, bias saja di E:, F:,G: atau yang lain.)

- langsung ketik G: tekan enter
- ketik attrib /s /d –s –h –r tekan enter
- tunggu sampai muncul kembali prompt G:\>
- Sekarang lihat isi data di Flash disk dengan perintah DIR
- G:\>DIR
Umh… data-data kita yang dianggap hilang, sekarang sudah kembali…

Mudah-mudahan bermanfaat bagi kalian yang membacanya.
READ MORE » Data Di Flasdisk Hilang?

Ponsel dengan 4 Kartu SIM

Tidak puas dengan telepon selular dual-SIM alias dua nomor yang kini dijajakan di gerai-gerai ponsel? Nah, sekarang mulai bermunculan ponsel-ponsel triple-SIM card atau sering disebut hybrid.

Jika masih merasa kurang dengan tiga nomor, tak perlu khawatir. Karena sekarang sudah muncul ponsel dengan empat kartu SIM sekaligus alias quad-SIM. Tak cuma menampung empat kartu SIM yang aktif secara bersamaan, OTECH F1 juga kabarnya akan hadir dengan teknologi glow in the dark.

Ada bermacam-macam opini yang menyambut OTECH F1. Mulai dari pujian karena dianggap sangat cocok untuk pasar berkembang dengan tarif selular murah, sampai yang menganggapnya sebagai ponsel aneh, konyol, dan dianggap terlalu berlebihan.

Ya, saat pertama kali melihat layar ponsel dengan empat indikator kekuatan sinyal aktif, rasanya memang sedikit aneh. Belum lagi kalau Anda menerima sekaligus tiga panggilan masuk dari tiap-tiap nomor. Namun, kabar baiknya Anda dapat menikmati berbagai promo tarif murah milik empat operator yang ada di Indonesia secara bersamaan.

Secara fisik dan desain, OTECH F1 masih mengandalkan keypad Qwerty sesuai tren, plus layar sebesar 2,4 inci. Layaknya ponsel China yang beredar di pasaran, ponsel ini juga dilengkapi dengan TV built-in yang mendukung PAL, NTSC, dan SECAM.

OTECH F1, ponsel dengan empat kartu SIM
Selain itu, Anda juga dapat menemukan radio FM dan Bluetooth. Namun, untuk konektivitas data, jangan berharap terlalu banyak. OTECH F1 cuma mampu menyediakan akses GPRS untuk Internet.

Meski tertulis kamera berkemampuan 12.1 megapiksel di sisi belakang ponsel, hasilnya belum cukup meyakinkan. Mengingat ini hanyalah sebuah ponsel merk lokal yang beredar di China dengan akses sebatas GPRS. Kemungkinan besar hanya kamera VGA biasa.

Belum diketahui apakah ponsel dengan desain yang sama sudah beredar di Indonesia dengan merk yang berbeda. Bisa jadi Nexian, HT Mobile, Mito Mobile, atau produsen ponsel China lain sudah memasarkannya lebih dulu di Tanah Air.

Tak cukup dengan dua nomor? Empat nomor seharusnya lebih dari cukup.
READ MORE » Ponsel dengan 4 Kartu SIM

Menyusui Juga Baik Untuk Ibu



Tak hanya penting untuk daya tahan tubuh bayi, menyusui ternyata juga baik bagi kesehatan sang ibu.


Suatu penelitian di Amerika Serikat menyebutkan bahwa, ibu yang menyusui bayinya, meskipun hanya sebulan diyakini dapat melindungi dirinya sendiri dalam melawan serangan kardiovaskular dan stroke di masa mendatang.

Penelitian yang melibatkan sekitar 140.000 perempuan ini menemukan bahwa kaum ibu yang menyusui dalam kurun waktu lebih dari setahun, akan terhindar dari penyakit mematikan itu hingga 10 persen, dibandingan dengan perempuan yang tidak pernah menyusui sama sekali.

“Sudah sejak lama kita ketahui bahwa menyusui sangat penting untuk kesehatan bayi. Sekarang kami mengetahui ternyata menyusui sama pentingnya bagi kesehatan sang ibu,” ucap salah seorang peneliti, Eleanor Bimla Schwartz.

Meskipun hanya satu bulan, tim peneliti yakin bahwa menyusui dapat mengurangi risiko seorang ibu terkena penyakit diabetes, kolesterol dan hipertensi, dimana ketiga penyakit ini sangat berkaitan dengan penyakit kardiovaskular. Namun manfaatnya akan jauh lebih baik lagi bila aktivitas menyusui itu dilakukan lebih lama.

“Semakin lama seorang ibu menyusui anaknya, maka hasilnya akan baik bagi mereka berdua,” tambahnya.

Dari hasil penelitian yang dilakukan tim peneliti dari University of Pittsburgh, ditemukan bahwa Ibu yang menyusui lebih dari satu tahun, akan terhindar dari penyakit hipertensi hingga 12 persen. Risiko terserang penyakit diabetes dan kolesterol menurun hingga 20 persen dan bahkan akan terhindar dari penyakit kardiovaskular hingga 10 persen, bila dibandingkan ibu yang tidak pernah menyusui.


Hasil penelitian ini menambahkan literatur baru mengenai arti pentingnnya menyusui bagi ibu dan anak. Sebelumnya, penelitian lain juga menyebutkan bahwa aktivitas menyusui dapat melindungi seorang ibu dari penyakit mematikan seperti kanker rahim, kanker payudara dan osteoporosis.


Nah, bagi kaum ibu jangan pernah takut bentuk payudara Anda akan berubah akibat menyusui, karena ternyata aktivitas menyusui sangat menentukan masa depan kesehatan Anda.
READ MORE » Menyusui Juga Baik Untuk Ibu

Tips menghilangkan sakit hati

1. Jangan mendramatisir keadaan
Kalo lagi patah hati, ga perlu terlarut sampe dalem banget. Hindari suasana yang membuat kamu menjadi mellow atau melankolis. Ga usah dulu deh ndengerin lagu-lagu dengan tema patah hati, Patah hati-nya Radja atau Munajat Cinta-nya The Rock. Atau ngelakuin aktifitas lain yang malah bikin sesek hati. Wah, itu sama aja naburin garam sekarung di atas luka. Perih.

2. Putus asa itu dosa
Inget bahwa berputus asa itu dosa. Rasulullah SAW bersabda : “Dosa besar itu adalah mempersekutukan Allah, putus asa dari karunia Allah dan putus harapan dari rahmat Allah.” (HR. Al Bazzar dan Thabrani)

3. Jangan malah menyendiri
Kamu jangan menyendiri.
Cari teman-teman yang bisa ngasih masukan dan support yang bisa bikin kita bangkit lagi, bukan yang malah menjerumuskan. Bukannya patah hati malah hilang, malah numpuk kayak TPA sampah.

4. Perbanyak kegiatan positif
Bayang-bayang itu semakin sering nongol apabila kita sering bengong. Biar ga sering bengong, kita harus sering bergerak. Lari marathon bisa. Nyangkul di sawah boleh. Atau kegiatan yang paling positif adalah mengaji tentang Islam, dan gabung dengan aktifitas dakwah. Insya Allah bisa ngelupain pahitnya patah hati, karena Islam itu lebih keren dari yang kita duga.

5. Bersyukur, berusaha dan doa
Kalau kamu putus dari pacar, itu berarti terbebas dari perbuatan mendekati zina. Kamu harus bersyukur. Kalo memang sudah siap nikah, nikah aja ngapain pacaran. Buktiin kamu serius. Kalo belum siap, ya jangan dipaksain nikah. Buat kamu yang ditolak saat melamar, itu tandanya Allah ngasih tahu bahwa akhwat/ikhwan itu ga matching sama kamu. Anda belum beruntung. Coba lagi. Dan jangan lupa berdoa karena Allah pasti akan kasih jalan keluar yang terbaik buat kamu. Pasti deh!

lebih lengkap, lanjutannya
1. Terima saja keaadan ini, dan tak usah berusaha memenangi pertarungan cinta ini. slowly but sure, lupakan dia….
2. Jangan pernah kembali kepada orang yang pernah berkhianat. penyakit ini biasanya akan kambuh berulang"
3. bersenang2lah dengan sahabat selain untuk melupakan sosoknya, juga untuk mencari pendapat orang lain soal masalah percintaan yang tengah dihadapi
4. Merenunglah sejenak, dan kumpulkan lagi semangat baru. ingatlah , dunia tak selebar daun kelor …
5. Jangan pernah mencoba, bahkan berpikir untuk menemuinya. anda hanya akan mempermalukan diri sendiri.
6. Buang Barang2 pemberiannya. biar kamu tidak teringat terus kepadanya.
7. Jangan pernah juga mengizinkannya menemuimu, ingatlah, semuanya sudah berakhir
8. Lakukan hal apa saja yang bisa membuat kamu lupa padanya.
9. Jangan pernah menyalahkan diri sendiri atas bubarnya hubungan kamu. kalau dia meninggalkan kamu itu sudah menjadi keputusannya.
10. Jangan percaya kata2nya kalau dia dan kamu akan berteman baik setelah kalian bubar… hubungan itu tidak akan pernah berhasil.

Bagaimana? jangan sungkan untuk sharing...
READ MORE » Tips menghilangkan sakit hati

Tips Menghindari Bau Kaki Bag 2 End

Punya masalah dengan bau kaki ? Bagaimana cara mengatasinya ?

Bromhidrosis adalah nama medis untuk bau kaki. Penyebabnya adalah kaki yang erkeringat dan bercampur dengan bakteri, sehingga menghasilkan isovaleric acid (zat ang berbau tidak sedap). Ingin menghilangkan bau ini ? Coba simak ulasan berikut :
1. Bersihkan kaki setiap hari dengan sabun lembut dan air hangat.
2. Keringkan secara menyeluruh, terutama di daerah antara jari kaki sebelum Anda menggunakan alas kaki.
3. Jadikan kebiasaan menaburi kaki dengan bedak khusus kaki.
4. Sebaiknya pilihlahkaus kaki yang terbuat dari serat alami (seperti katun dan wol).
5. Sebaiknya pilihlah alas kaki yang dapat membuat kaki bisa bernafas (contohnya alas kaki dari kulit atau bahan).
6. Sediakan dua pasang sepatu yang dapat digunakan secara bergantian.
7. Angin-anginkan alas kaki setelah Anda menggunakannya.
8. Bersihkan alas kaki secara teratur.
READ MORE » Tips Menghindari Bau Kaki Bag 2 End

Tips Menghindari Bau Kaki Bag 1

Kecantikan tubuh yang baik adalah dapat merawat diri dari ujung rambut sampai ujung kaki. Jika penampilan Anda sudah sempurna, tapi kaki sering mengeluarkan bau tak sedap, aduh, image cantik pun lenyap tertelan bumi.

Penyebab utama bau kaki pastinya keringat. Kaki dipercaya dapat memproduksi sekitar 570 ML keringat dalam sehari. Wah, bukan jumlah yang sedikit bukan? Begitu juga keringat bercampur bakteri, pantas jika menimbulkan bau tidak sedap. Yuk, mulai raajin membersihkan kaki agar terhindar dari bau tak sedap. Coba tips berikiut:

- Gosok sela-sela jari
Setiap kali mandi jangan lupa bersihkan sela-sela kaki, karena area itu yang paling lembab sehingga jika kotor dapat menjadi penyebab bau yang tidak sedap. Gunakan sabun mandi untuk cara mudahnya.

- Potong kuku
Rajinlah memotong kuku. Jangan biarkan kotoran menumpuk pada kuku-kuku Anda, lakukan seminggu sekali.

- Rendam dengan teh atau serbuk kopi
Teh dipercaya ampuh menghilangkan bau tak sedap. Caranya hanya dengan menrendam kaki dalam baskom yang telah diisi air hangat dan ampas teh, diamkan selama 10 menit. Selain teh, dapat juga gunakan serbuk kopi. Bungkus kop dengan kain bersih, kemudian masukan ke dalam sepatu selama sehari semalam. Dijamin bau tak sedap pun lenyap.


- Pola makan
Ternyata pola makan yang tidak seimbang dapat mempengaruhi bau pada kaki. Makanan pedas dan yang tinggi kalori dapat membuat tubuh dan kaki menjadi lebih mudah berkeringat.

- Bahan sepatu
Penyebab bau kaki tak sedap juga karena pemilihan bahan material sepatu yang salah. Bahan plastik cenderung membuat kaki berkeringat karena panas. Lebih baik pilih alas kaki berbahan dasar kain.

- Simpan dengan benar
Jangan menyimpan sepatu sembarangan. Selain dapat membuat lebih cepat rusak, juga menimbulkan bau tak sedap. Simpan ditempat yang aliran udaranyanya lancar, atau gunakan silica gel jika dibungkus dalam kardus sepatunya.

- Pergi ke dokter
Cara terakhir jika bau kaki Anda tidak hilang juga, saatnya periksakan di dokter. Coba konsultasikan, tanya apa masalahnya.
READ MORE » Tips Menghindari Bau Kaki Bag 1

Android Market Capai Angka 100 Ribu Aplikasi

Android baru saja mencapai tonggak baru dalam jumlah aplikasi di kiosnya. Sejak diperkenalkan Google pada tahun 2005 dan mulai populer dalam satu-dua tahun belakangan, hari ini sekitar 100.000 aplikasi tertampung di Android Marketplace.

Pencapaian tersebut diumumkan komunitas pengembang Android melalui akun Twitternya, @AndroidDev, yang dikutip VIVAnews dari Mashable, Selasa 26 Oktober 2010.

"Seratus ribu aplikasi di Android Market," tulis para pengembang di timeline Twitter-nya yang kemudian di sebarkan luas oleh pengikutnya (followers).

Google dewasa ini juga sibuk memperkenalkan Android Marketplace ke lebih dari 20 negara untuk sosialisasi sekaligus memperluas ekosistem pengembang aplikasi platform terbuka di seluruh dunia.

Meski sempat dipandang sebelah mata, Android kini semakin dikenal luas di kalangan pengguna ponsel dan perangkat bergerak. Walaupun jika dibandingkan dengan Apple App Store, OS buatan Google ini belum ada apa-apanya. Untuk diketahui, App Store telah memuat lebih dari 280.000 aplikasi hingga hari ini, nyaris tiga kali lipat aplikasi yang ditawarkan Android.

Apakah menurut Anda Android akan mengejar ketertinggalannya dari iOS App Store? Siapa pun bisa meramalnya dengan berbagai macam persepsi. Masing-masing dari Anda pun seharusnya sudah mengantungi jawaban.

Memang, kalau dibandingkan BlackBerry App World, perkembangan Android Market jauh lebih pesat. Pada bulan September silam, kios khusus pengguna BlackBerry itu baru menginjak tonggak ke 10.000 aplikasi, jauh di belakang Android.

Jika dibandingkan Apple App Store dengan 280 ribu aplikasi, Android belum ada apa-apanya.
READ MORE » Android Market Capai Angka 100 Ribu Aplikasi

BlackBerry App World Capai 10.000 Aplikasi

Research In Motion (RIM), vendor perangkat sekaligus penyedia layanan BlackBerry, mengumumkan kios aplikasi resminya BlackBerry App World telah menampung lebih dari 10.000 aplikasi hari ini.

Jika dibandingkan kios aplikasi Apple, App Store, memang pencapaian BlackBerry App World masih jauh tertinggal. Sekadar diketahui, Apple App Store kini mempunyai 250.000 aplikasi.

Bahkan, jika dibandingkan Android Market saja, BlackBerry App World masih jauh ketinggalan. Ya, harus diakui, Android Market mencatat peningkatan paling pesat ketimbang kios-kios aplikasi lainnya. Meski terbilang paling "muda", tetapi Android sudah mengantungi 100.000 aplikasi sampai saat ini.

Tugas RIM cukup banyak. Tak hanya kalah kuantitas, dari segi kualitas pun, vendor asal Kanada itu perlu membenahi banyak hal. Kebanyakan aplikasi-aplikasi yang tersedia di BlackBerry App World terkesan kaku dan kasar. Pada konferensi pengembang RIM mendatang, isu ini diharapkan bisa dicari jalan keluarnya.

BlackBerry App World merupakan layanan distribusi aplikasi berupa kios yang dibesut RIM pada 1 April 2009. Dikhususkan bagi pengguna BlackBerry, App World menawarkan beragam aplikasi berdasarkan kategori, mulai dari bisnis, edukasi, produktivitas, berita, shopping, travel, dan masih banyak yang lainnya.

Angka ini dicapai dalam waktu satu tahun empat bulan sejak 1 April 2009.
READ MORE » BlackBerry App World Capai 10.000 Aplikasi

FOTO: Letusan Merapi Oleh NASA

Gunung paling aktif di dunia, Merapi, saat ini sedang menggeliat. Masyarakat cemas menunggu, apakah ia akan meletus dan mengirimkan malapetaka berikutnya. Apalagi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVG) telah meningkatkan status Merapi menjadi Awas, terhitung sejak Senin 25 Oktober 2010.

Sejarah mencatat, sejak tahun 1548, Merapi sudah meletus sebanyak 68 kali--dengan letusan-letusan kecil terjadi tiap 2-3 tahun, dan yang lebih besar sekitar 10-15 tahun sekali. Letusan dahsyat pernah terjadi antara lain tahun 1006, 1786, 1822, 1872, dan 1930.

Letusan besar pada tahun 1006 membuat seluruh bagian tengah Pulau Jawa diselubungi abu. Di tahun 1930, letusan Merapi menghancurkan 13 desa dan menewaskan 1.370 orang.

Letusan terakhir Merapi terjadi tahun 2006 lalu. Pada 4 Juni 2006, dilaporkan bahwa aktivitas Gunung Merapi telah melampaui status 'awas'.

Foto letusan Merapi 6 Juni 2006


Kemudian pada 8 Juni 2006, Gunung Merapi pada pukul 09:03 WIB meletus dengan menyemburkan awan panas yang membuat ribuan warga di wilayah lereng panik dan melarikan diri ke tempat aman.

Fenomena letusan Merapi tak luput dari pantauan NASA. Badan Antariksa AS ini merekam kondisi Merapi melalui foto satelit. Foto pertama direkam alat Advanced Spaceborne Thermal Emission and Reflection Radiometer (ASTER) di satelit Terra milik NASA pada 26 April 2006.

Foto Merapi tanggal 26 April 2006

Foto itu menunjukkan awan panas muncul dari puncak Merapi, yang dikelilingi lava hitam dan puing-puing hasil erupsi sebelumnya. Lereng gunung tampak berwarna merah.

Foto kedua pada 6 Juni 2010 juga merupakan hasil bidikan ASTER. Warna merah dalam foto mengindikasikan vegetasi dan yang lebih cerah adalah tumbuhan. Awan digambarkan dengan warna terang atau putih buram. Sementara, awan vulkanis tampak berwarna kelabu suram yang bertiup ke arah barat daya.

Letusan terakhir Merapi terjadi tahun 2006 lalu. NASA merekam fenomena itu lewat foto.
READ MORE » FOTO: Letusan Merapi Oleh NASA