Webmaster SEO Tools

Free xml sitemap generator

Laman

Membaca Barcode

Artikel ini mungkin gak berguna bagi programmer delphi yang sudah mahir, akan tetapi mungkin sangat dibutuhkan oleh programmer yang baru saja belajar dan ingin mengembangkan aplikasi dengan menggunakan perangkat barcode reader. Nah sebelumnya mungkin apa ya barcode reader itu :

Barcode Reader adalah alat yang digunakan untuk membaca kode barcode. Tanpa kita sadari bahwa setiap hari kita apat menemui barcode pada barang-barang yang kita gunakan sehari-hari. Seperti pada pasta gigi, sabun, pada makanan-makanan ringan, dll.
Barcode dibedakan menjadi 2 jenis barcode :

1. barcode 1 dimensi
barcode 1 dimensi terdiri dari garis-garis yang berwarna putih dan hitam. warna putih untuk nilai 0 dan warna hitam untuk nilai 1.

2. barcode 2 dimensi
sedangkan barcode 2 dimensi sudah tidak berupa garis-garis lagi, akan tetapi seperti gambar. jadi informasi yang tersimpan didalamnya akan lebih besar.
untuk membuat kode barcode dari delphi kita dapat memanfaatkan rave report yang udah include pada delphi versi 7. kita dapat memilih type dari barcode yang akan kita buat. diantaranya barcode untuk produk ritail, buku perpustakaan, anggota berbeda-beda. Kode yang akan kita buat bisa bebas asalkan hanya digunakan pada sistem disuatu tempat seperti perpustakaan, akan tetapi untuk produk yang akan di edarkan dipasaran harus didaftarkan terlebih dahulu ke GS1 agar tidak sama dengan produk yang lain.
Untuk menggunkan perangkat barcode pada aplikasi kita sangat mudah. Sistem kerja sebuah barcode reader hampir sama dengan inputan pada kayboard. jadi tidak diperlukan lagi driver atau komponent untuk menggunakan barcode reader pada delphi. kita tinggal hubungkan barcode ke PS2 kemudian komputer sudah menganggap barcode reader tersebut adalah kayboard. Perbedaan barcode reader dengan keyboard adalah barcode reader membaca sebuah kode barcode kemudian memasukan kode tersebut kedalam komputer dengan menambahkan karakter enter atau chr(13). Nah untuk itu kita tinggal memberikan event onkeypress pada Tedit yang akan kita gunakan sebagai input kode barcode. pada event tersebut kita berikan prosedure sebagai berikut :

procedure TForm1.Edit1KeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
begin
//pada input barcode reader pasti diakhir karakter mendapat tambahan karakter enter atau chr(13) misal 1234567 menjadi 1234567 chr(13)
if key = chr(13) then //apabila ditekan enter
//proses setelah penekanan enter
end;

nah mudahkan menggunakan perangkat barcode reader.

READ MORE » Membaca Barcode

Arti Keadilan

ARTI KEADILAN???

Ternyata kebanyakan dari kita tidak mengerti apa itu adil. Itu yang bisa aku ambil kesimpulan hari ini berdasarkan kejadian yang aku alami dan cerita-cerita yang diberikan oleh teman-temanku kepada diriku ini.

Adil, memang susah bagi kita semua untuk berlaku adil. Adil yang mempunyai pengertian menempatkan sesuatu pada tempatny sesuai dengan porsi dan kapasitasnya dalam berbagai hal (benar nggak ya ??? ). Sedangkan menurut sebagian masyarakat adil merupakan pembagian yang sama rata tanpa memperhatikan porsi dan kapasitasnya dalam sesuatu hal.

Hal ini aku alami ketika sore tadi mendapatkan uang Rp. 50.000,00 dari seseorang. Memang kami berdua bekerja untuk mendapatkan uang tersebut. Kalau dalam hitungan persen mungkin aku sekitar 60% dan adikku sekitar 40%. Ketika pembagian uang, adikku nggak mau kalau hanya dikasih Rp. 20.000,00. Ia meminta untuk dikasih Rp. 25.000,00 dengan dalih keadilan.

Aku pun terdiam sambil berfikir, ternyata adikku telah salah mengerti arti dari yang namanya Adil. Kemudian aku pun menjelaskan dengan bahasa yang lugas tentang pengertian adil kepadanya, tetapi ia tetap tidak mau mengalah. Akhirnya aku pun membagikan uang tersebut sama rata.

Kejadian tersebut sama dengan kejadian yang diceritakan oleh teman-temanku kepada diriku. Jadi berdasarkan hal tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa sebagian dari kita mungkin tidak mengerti arti dari kata adil itu sendiri.

Tetapi ada hal penting yang menjadi makna lain bagi diriku. Ternyata diri ini tidak adil kepada Tuhan. Diriku ini lebih mementingkan duniawi dari pada kepentingan yang telah Tuhan ajarkan kepada diriku ini demi kebaikanku sendiri. Sedangkan Tuhan, walaupun kita tidak melaksanakan perintahnya, kita masih juga diberikan nikmat yang begitu besar kepada kita. Sungguh, manusia memang tempatnya khilaf serta salah dan sungguh Tuhan itu memang maha adil.

Oleh karena itu, malam ini aku menjadi lebih sedikit bahagia karena mendapatkan pelajaran yang begitu berharga. Aku ingin berbuat adil kepada Tuhan dengan memberikan porsi dan kapasitas yang lebih besar dalam hal mengabdi dan beribadah kepada-Nya. Dalam kitab-Nya, Tuhan sudah mengatakan bahwa Dia tidak menjadikan jin dan manusia kecuali hanya untuk mengabdi kepada-Nya.

Tuhan, maafkan diri ini yang sudah lama tidak adil kepadamu. Maafkanlah kami semua. Berikanlah kami petunjuk kejalan-Mu yang lurus. Kejalan yang Engkau ridhoi sehingga bangsa ini menjadi bangsa yang adil, sejahtera, madani, bermartabat, serta beriman dan bertaqwa kepadamu. Amin..

READ MORE » Arti Keadilan

10 Resep Bangsa Jepang

10 RESEP SUKSES BANGSA JEPANG

Semoga dapat dijadikan pembelajaran dan kontemplasi yang positif.


1. KERJA KERAS
Sudah menjadi rahasia umum bahwa bangsa Jepang adalah pekerja keras. Rata-rata jam kerja pegawai di Jepang adalah 2450 jam/tahun, sangat tinggi dibandingkan dengan Amerika(1957 jam/tahun), Inggris (1911 jam/tahun), Jerman (1870 jam/tahun), dan Perancis (1680jam/tahun). Seorang pegawai di Jepang bisa menghasilkan sebuah mobil dalam 9 hari, sedangkan pegawai di negara lain memerlukan47 hari untuk membuat mobil yang bernilai sama. Seorang pekerja Jepang boleh dikatakan bisa melakukan pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh 5-6 orang. Pulang cepatadalah sesuatu yang boleh dikatakan "agak memalukan" di Jepang, dan menandakan bahwa pegawai tersebut termasuk "yang tidak dibutuhkan" oleh perusahaan.




2. MALU
Malu adalah budaya leluhur dan turun temurun bangsa Jepang. Harakiri (bunuh diri dengan menusukkan pisau ke perut) menjadi ritual sejak era samurai, yaitu ketika mereka kalah dan pertempuran. Masuk ke dunia modern, wacananya sedikit berubah ke fenomena "mengundurkan diri" bagi para pejabat(menteri, politikus, dsb) yang terlibat masalah korupsi atau merasa gagalmenjalankan tugasnya. Efek negatifnya mungkin adalah anak-anak SD, SMP yang kadang bunuh diri, karena nilainya jelekatau tidak naik kelas. Karena malu jugalah, orang Jepang lebih senangmemilih jalan memutar daripada mengganggu pengemudi di belakangnya dengan memotong jalur ditengah jalan. Mereka malu terhadap lingkungannya apabila mereka melanggar peraturan ataupun normayang sudah menjadi kesepakatan umum.


3. HIDUP HEMAT
Orang Jepang memiliki semangat hidup hemat dalam keseharian. Sikap antikonsumerisme berlebihan ini nampak dalam berbagai bidang kehidupan. Di masa awal mulai kehidupan di Jepang, saya sempatterheran-heran dengan banyaknya orang Jepang ramai belanja di supermarketpada sekitar jam 19:30.Selidik punya selidik, ternyata sudah menjadi hal yang biasa bahwasupermarket di Jepang akan memotong harga sampai separuhnya pada waktu sekitar setengah jam sebelumtutup. Seperti diketahui bahwa Supermarket di Jepang rata-rata tutup pada pukul 20:00.


4. LOYALITAS
Loyalitas membuat sistem karir di sebuah perusahaan berjalan dan tertatadengan rapi. Sedikit berbeda dengan sistem di Amerika dan Eropa, sangat jarang orang Jepang yang berpindah-pindahpekerjaan. Mereka biasanya bertahan di satu atau dua perusahaan sampaipensiun. Ini mungkin implikasi dari Industri di Jepang yang kebanyakan hanya mau menerima fresh graduate, yang kemudian mereka latih dan didik sendiri sesuai dengan bidang garapan (corebusiness) perusahaan.


5. INOVASI
Jepang bukan bangsa penemu, tapi orang Jepang mempunyai kelebihan dalammeracik temuan orang dan kemudian memasarkannya dalam bentuk yang diminati oleh masyarakat. Menarik membaca kisah Akio Morita yang mengembangkan Sony Walkman yang melegenda itu. Cassete Tape tidak ditemukan oleh Sony,patennya dimiliki oleh perusahaan Phillip Electronics. Tapi yang berhasilmengembangkan dan membundling model portable sebagai sebuah produk yang booming selama puluhan tahun adalah AkioMorita, founder dan CEO Sony pada masa itu. Sampai tahun 1995, tercatatlebih dari 300 model walkman lahir dan jumlah total produksi mencapai 150 juta produk. Teknik perakitan kendaraan rodaempat juga bukan diciptakan orang Jepang, patennya dimiliki orang Amerika.Tapi ternyata Jepang dengan inovasinya bisa mengembangkan industri perakitan kendaraan yang lebih cepat dan murah.


6. PANTANG MENYERAH
Sejarah membuktikan bahwa Jepang termasuk bangsa yang tahan banting danpantang menyerah. Puluhan tahun dibawah kekaisaran Tokugawa yang menutup semua akses ke luar negeri, Jepang sangat tertinggal dalam teknologi. Ketika restorasi Meiji (meiji ishin) datang,bangsa Jepang cepat beradaptasi dan menjadi fast-learner. Kemiskinan sumber daya alam juga tidak membuat Jepangmenyerah. Tidak hanya menjadi pengimpor minyak bumi, batubara, biji besidan kayu, bahkan 85% sumber energi Jepang berasal dari negara lain termasuk Indonesia.

Kabarnya kalau Indonesia menghentikan pasokan minyak bumi, maka 30% wilayah Jepang akan gelap gulita. Rentetan bencanaterjadi di tahun 1945, dimulai dari bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, disusul dengan kalah perangnya Jepang, dan ditambahi dengan adanya gempa bumi besar di Tokyo. Ternyata Jepang tidakhabis. Dalam beberapa tahun berikutnya Jepang sudah berhasil membangunindustri otomotif danbahkan juga kereta cepat (shinkansen) . Mungkin cukup menakjubkanbagaimana Matsushita Konosuke yang usahanya hancur dan hampir tersingkir dari bisnis peralatan elektronik di tahun 1945 masihmampu merangkak, mulai dari nol untuk membangun industri sehingga menjadikerajaan bisnis di era kekinian. Akio Morita juga awalnya menjadi tertawaan orang ketika menawarkan produk CasseteTapenya yang mungil ke berbagai negara lain. Tapi akhirnya melegenda dengan Sony Walkman-nya. Yang juga cukup unik bahwa ilmu dan teori dimana orang harus belajar dari kegagalan ini mulai diformulasikan di Jepang dengan nama shippaigaku (ilmu kegagalan).


7. BUDAYA BACA
Jangan kaget kalau anda datang ke Jepang dan masuk ke densha (kereta listrik), sebagian besar penumpangnya baik anak-anak maupun dewasa sedang membaca buku atau koran.Tidak peduli duduk atau berdiri, banyak yang memanfaatkan waktu di densha untuk membaca. Banyakpenerbit yang mulai membuat man-ga (komik bergambar) untuk materi-materi kurikulum sekolah baik SD, SMP maupun SMA.Pelajaran Sejarah, Biologi, Bahasa, dsb disajikan dengan menarik yangmembuat minat baca masyarakat semakin tinggi. Saya pernah membahas masalah komik pendidikan di blog ini. Budaya baca orang Jepang juga didukung oleh kecepatan dalam proses penerjemahanbuku-buku asing (bahasa inggris, perancis, jerman, dsb). Konon kabarnya legenda penerjemahanbuku-buku asing sudah dimulai pada tahun 1684, seiring dibangunnya institut penerjemahan dan terus berkembang sampai jaman modern. Biasanya terjemahan buku bahasa Jepang sudah tersedia dalam beberapa minggu sejak buku asingnya diterbitkan.




8. KERJASAMA KELOMPOK
Budaya di Jepang tidak terlalu mengakomodasi kerja-kerja yang terlalubersifat individualistik.Termasuk klaim hasil pekerjaan, biasanya ditujukan untuk tim atau kelompoktersebut. Fenomena ini tidak hanya di dunia kerja, kondisi kampus dengan lab penelitiannya jugaseperti itu, mengerjakantugas mata kuliah biasanya juga dalam bentuk kelompok. Kerja dalamkelompok mungkin salah satukekuatan terbesar orang Jepang. Ada anekdot bahwa "1 orang professorJepang akan kalah dengan satuorang professor Amerika, hanya 10 orang professor Amerika tidak akan bisamengalahkan 10 orangprofessor Jepang yang berkelompok" . Musyawarah mufakat atau sering disebutdengan "rin-gi" adalah ritual dalam kelompok. Keputusan strategis harus dibicarakan dalam"rin-gi".


9. MANDIRI
Sejak usia dini anak-anak dilatih untuk mandiri. Irsyad, anak saya yangpaling gede sempatmerasakan masuk TK (Yochien) di Jepang. Dia harus membawa 3 tas besarberisi pakaian ganti, bento(bungkusan makan siang), sepatu ganti, buku-buku, handuk dan sebotol besarminuman yangmenggantung di lehernya. Di Yochien setiap anak dilatih untuk membawaperlengkapan sendiri, danbertanggung jawab terhadap barang miliknya sendiri. Lepas SMA dan masukbangku kuliah hampirsebagian besar tidak meminta biaya kepada orang tua. Teman-temenseangkatan saya dulu di SaitamaUniversity mengandalkan kerja part time untuk biaya sekolah dan kehidupansehari-hari. Kalaupunkehabisan uang, mereka "meminjam" uang ke orang tua yang itu nanti merekakembalikan di bulan berikutnya.


10. JAGA TRADISI
Perkembangan teknologi dan ekonomi, tidak membuat bangsa Jepang kehilangantradisi dan budayanya. Budaya perempuan yang sudah menikah untuk tidak bekerja masih ada danhidup sampai saat ini.Budaya minta maaf masih menjadi reflek orang Jepang. Kalau suatu hari andanaik sepeda di Jepangdan menabrak pejalan kaki , maka jangan kaget kalau yang kita tabrak malahyang minta maaf duluan. Sampai saat ini orang Jepang relatif menghindari berkata "tidak" untuk apabila mendapat tawaran dari orang lain. Jadi kita harus hati-hati dalam pergaulan dengan orangJepang karena "hai" belum tentu "ya" bagi orang Jepang.
Persaingan keras karena masuknya beras Thailand dan Amerika yang murah,tidak menyurutkan langkah pemerintah Jepang untuk melindungi para petaninya. Kabarnya tanah yangdijadikan lahan pertanian mendapatkan pengurangan pajak yang signifikan, termasuk beberapa insentiflain untuk orang-orang yang masih bertahan di dunia pertanian. Pertanian Jepang merupakan salahsatu yang tertinggi di dunia.Mungkin seperti itu 10 resep sukses yang bisa saya rangkumkan. BangsaIndonesia punya hampir semua resep orang Jepang diatas, hanya mungkin kita belum mengasahnya dengan baik. Di Jepang mahasiswa Indonesia termasuk yang unggul dan bahkan mengalahkan mahasiswa Jepang. Orang Indonesia juga memenangkan berbagai award berlevel internasional. Saya yakin ada faktor "non-teknis" yang membuatIndonesia agak terpuruk dalam teknologi dan ekonomi. Mari kita bersama mencari solusi untukberbagai permasalahan republik ini. Dan terakhir kita harus tetap mau belajar dan menerima kebaikan dari siapapun juga.
READ MORE » 10 Resep Bangsa Jepang

Hati - hati jika update status di Facebook !!


6 macam Status Facebook yang memungkinan Anda akan Dipecat !

1. Komentar negatif mengenai pekerjaan atau perusahaan

Banyak anggota Facebook merasa perlu memberitahukan teman atau keluarga soal buruknya pekerjaan dan perusahaan mereka atau betapa tidak menyenangkannya rekan kerja di kantor.

Ini sebaiknya tidak dilakukan karena apapun yang ter-posting di Facebook, bisa dengan mudah bocor ke mana-mana--sekalipun Anda telah mengaturnya sedemikian rupa agar hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membacanya.

2. Membela bos habis-habisan dalam perseteruan online

Ini karena meski Anda berpikir tidak masalah dengan semua yang dikatakan, namun sejatinya Anda bukanlah seorang public relation profesional. Dengan demikian, apa yang Anda posting bisa jadi salah dan merusak citra perusahaan.

3. Membicarakan hal rahasia berhubungan dengan perusahaan


Sebagai contoh, Anda tahu desas-desus bahwa perusahaan tengah membahas beberapa rekan Anda untuk diberhentikan dari pekerjaan. Sebaiknya Anda diam dan jangan membeberkannya di Facebook.

4. Menyembunyikan identitas dan berpura-pura menjadi orang lain.

Tentu saja buruk sekali berpura-pura menjadi orang lain. Saran terbaik hanyalah berlaku jujurlah dengan menjadi diri sendiri, demi menghindari kesalahpahaman.

5. Bercerita terlalu banyak soal kehidupan pribadi hingga kegiatan rekreasi

Sebaiknya, Anda memilah apa yang ingin diceritakan. Tak perlu terlalu mengumbar cerita dalam kehidupan dan aktivitas pribadi Anda di Facebook. Karena hal ini barangkali bisa mempengaruhi citra Anda di perusahaan.

6. Mem-posting gambar tak pantas

Tak hanya kata-kata dalam postingan status, postingan status di Facebook pun bisa mendatangkan bencana untuk karir Anda. Tak percaya? Contohnya seorang anggota tim cheerleader bernama Caitlyn Davis, dipecat dari tim hanya karena foto profil dalam akun Facebooknya tengah mengacungkan jari tengah.

Apa status Facebook Anda hari ini?

ingat hati -hati yahh....
READ MORE » Hati - hati jika update status di Facebook !!

Kembangkan Penelitian Tepat Guna, Faperta Unpad Temukan 490 Varietas Ubi Jalar

Seolah menjawab pandangan masyarakat yang menyoroti kurangnya perguruan tinggi mengembangkan penelitian tidak tepat guna, sebuah tim di Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan mitra pengusaha di bidang ubi jalar. Sabtu lalu (25/9), tim yang dipimpin oleh Dr. Agung Karuniawan itu menggelar field visit atau kunjungan lapangan penyesuaian antara pengguna dengan akademisi budidaya.

Mitra mereka dalam pengembangan ubi jalar tersebut adalah PT Galih Estetika dan PT Techtar Farm & Food. Sekitar Mei tahun lalu, tim peneliti ini menerima plasma nutfah dari kedua mitra untuk kemudian dikembangkan dalam penelitian, guna mencari solusi dari berbagai persoalan yang muncul dalam usaha mereka.

Dari delapan jenis plasma nutfah yang diserahkan PT Galih dan sebelas lainnya dari PT Techtar, Unpad telah menemukan lebih dari 490 varietas baru ubi jalar. Di antara jenis-jenis ubi Jepang yang dikembangkan adalah Naruto Kintoki, Kokei 14, dan Ayamurasaki.

Ir. Cahya Irawan dari PT Galih Estetika yang hadir dalam kesempatan itumenyebutkan, "Ubi Jepang produktivitasnya belum bagus, dengan adanya penelitian dari lembaga ini kita berharap menemukan jenis ubi yang bisa dijual di Jepang."

Terkait kepercayaan untuk menjalin kerja sama dengan Unpad, Cahyamenjelaskan pihaknya sudah banyak melihat kinerja Unpad di luar. Keberadaan lembaga penelitian yang mau mengembangkan budidaya ubi jalar ini termasuk baru di Indonesia. Karena itulah pengusaha dan petani ubi jalar sering menghadapi kendala untuk mengembangkan usaha mereka.

PT Galih Estetika sendiri merupakan perusahaan yang mengolah ubi menjadi berbagai olahan seperti adonan ubi, slice, dan ubi goreng. Sejak berdiri 1993 lalu, perusahaan tersebut menjual hasil produksinya ke Jepang. Kini pasar mereka sudah merambah ke Korea.

Setiap hari mereka membutuhkan bahan baku sekitar 30 ton dan kebutuhantersebut dari tahun ke tahun selalu meningkat. Dalam sebulan dibutuhkan 400 hingga 500 ton ubi jalar varietas Jepang, namun karena terkendala produktivitas jenis tersebut, perusahaan itu pun kesulitan memenuhi ekspektasi pasar.

Dibandingkan dengan ubi lokal, varietas Jepang memiliki keunggulan dari segi cita rasa, warna kulit, tekstur, warna daging, dan kadar air. Sayang, produktivitas yang rendah membuat petani tak terlalu tertarik untuk menanam jenis ubi tersebut. "Dibandingkan ubi lokal, produktivitas varietas Jepang masih jauh di bawahnya," tambah Cahya.

Dalam pengembangan yang dilakukan tim dari Faperta Unpad, setiap petak diisidengan tiga populasi, yakni varietas Jepang, Cilembu, dan varietas lokal yang unik karena dipandang memiliki kelebihan tertentu menurut petani. "Kamisurvei ke seluruh Jawa Barat, mengombinasikan mereka, deskripsikan, dan silangkan," jelas Agung.

Hari itu mereka bisa memanen generasi hasil stek pertama, setelah musimsebelumnya dipanen dari hasil biji. Agung sebenarnya sempat khawatir dengan kondisi curah hujan yang tinggi. Setelah dilihat hasilnya, ternyata masalah tersebut tidak berpengaruh banyak pada panen mereka.

Melihat sepintas, PT. Galih pun puas melihat hasil tersebut. Telah ditemukan 225 varietas baru dari delapan plasma nutfah yang sebelumnya diberikan perusahaan olahan ubi jalar itu dan Cahya menyeleksi semuanya satu persatu. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan kualitas umum yang dibutuhkan pabrik. Di antara faktor penilaian adalah warna daging dan ketahanan terhadap penyakit.

Secara umum kriteria ubi Jepang yang mereka terima adalah yangberumur umur minimal 4 bulan, berat minimalnya 2 ons, dan diameter kira-kira 4 cm. "Makin besar makin bagus, selama itu varietas Jepang," kata Cahya. Penjelasan tersebut membuat Agung merasa lebih lega karena mayoritas ubi yang dipanen hari itu berukuran jauh lebih besar dari ubi yang biasa dijual di pasaran.

Setelah lolos seleksi di kebun, ubi-ubi terpilih masih harus menjalani pengujian lanjutan di perusahaan tempatnya bekerja. Kalau sudah memenuhi kualitas yang dibutuhkan, kerja sama lebih lanjut akan diteruskan dengan peneliti Unpad dalam hal pengadaan bibit untuk diteruskan kepada petani.

Hasil penelitian ubi jalar ini dapat dipertanggungjawabkan secara akademiskarena dalam prosesnya dilakukan sebagai bahan kajian untuk skripsi dan tesis mahasiswa Faperta Unpad. Ke depannya, Unpad berencana untuk terus mengembangkan penelitian tersebut pada aspek peningkatan daya tahan dan persoalan-persoalan lainnya. Tentu saja, semua diarahkan pada bertemunya kebutuhan user dengan kemampuan akademisi di bidang penelitian.

Sementara itu, panen kebun hasil kerja sama dengan PT Techtar baru akandilakukan pekan depan. Meskipun demikian, Taryana yang merupakan pemilik perusahaan tersebut turut hadir dalam kunjugan hari itu.

Ia mengaku terkesima dengan hasil yang dilihatnya pada varietas Jepang. "Mudah-mudahan pada ubi Cilembu hasilnya sebagus ini," tuturnya bersemangat.

Taryana menunjuk pada pohon ubi di dekatnya dan mengatakan, "Petani pastisenang kalau melihat panen seperti ini." Ia menunjuk pada pohon dengan ubi yang besar-besar dengan perkiraan mencapai 1,5 kg per pohon. Ini jauh dari pencapaian pada umumnya di mana berat sedemikian besar baru bisa dicapai setelah menimbang beberapa pohon sekaligus.

Menunggu pekan depan untuk tiba, Taryana mengaku harap-harap cemas. Semogasaja kejutan dari kebun yang akan ia lihat nanti akan menjadi kejutan yang menyenangkan baginya.
READ MORE » Kembangkan Penelitian Tepat Guna, Faperta Unpad Temukan 490 Varietas Ubi Jalar

10 Rumah Asli Terinspirasi Dari Film Kartun

1. The Simpson House


Ini replika dari The Simpsons 'House, ini dibuat oleh seorang yg fanatik dgn Kartun tersebut, dan persis seperti yang di kartun didalam maupun diluar. Rumah ini terletak di Henderson, Nevada

2. Flintstones House


Rumah batu ini tampak menakjubkan mirip dengan The Flintstones House '. Meskipun memiliki tampilan yang tidak biasa, Karena Terdapat batu bulat besar di sisi bukit dan berbentuk sendok akhirnya, terciptalah rumah paling kontemporer, di dalam. . Memiliki pintu depan, beberapa jendela, atap. Rumah ini terletak di Nas Montanhas de Fafe di Portugal.

3.Barbie's House


Rumah modern ini diciptakan oleh disainer interior Jonathan Adler. pada malam ulang tahunBarbie ke 50 Tahun. Pada bulan Maret 2009, ia merelokasikan ke kehidupan nyata memiliki luas 3.500 kaki persegi yang menghadap pad Samudera Pasifik terlihat seperti boneka yang terkenal keterlaluan rumah. The Barbie's Real-Life Malibu Dream House is in Malibu, California. Barbie's Real-Life Malibu Dream House adalah di Malibu, California.

4. Minnie Mouse's House


Pink dan lavender rumah ini tidak hanya tampak lucu di luar tetapi dilengkapi penuh di dalamnya. Termasuk barang-barang seperti mesin penjawab telepon (di mana Anda dapat mendengarkan pesan dari Mickey dan Goofy), sebuah oven dimana Anda dapat menonton kue kue, dan bahkan yang muncul microwave popcorn! Rumahl ini dapat dilihat di Mickey's Toontown Fair, di Orlando, Florida

5.Snoopy's House


rumah Snoopy Versi raksasa ini digunakan sebagai informasi kios untukKompleks di lapangan bisbol , bagian dari Charles M. Schulz Museum, di Santa Rosa, California

6.Hobbit's House


Rumah Hobbit yg mengagumkan ini dibangun oleh Simon Dale, meskipun bukan seorang arsitek atau bahkan pekerja bangunan, tetapi bisa membangun ini bersama-sama dengan ayahnya-Mereka Butuh waktu hanya 4 bulan untuk menyelesaikannya dan memakan biaya sekitar 3.000 pound.

7 .Hello Kitty's House


rumah cute bercat merah muda ini adalah 100% terinspirasi oleh kucing yang paling terkenal dalam sejarah. Hello Kitty v Hello Kitty vila yang terletak di Taipei, Taiwan.

8.Heidi's House


Bukan hanya rumah yang indah. ini mirip dengan Rumah kakek Heidi termasuk dengan pemandangan juga yg sangat mirip

9.Batman's House


Misterius ini mencari rumah yang tidak biasa seperti Gotham City rumah paling terkenal. Dan kilat merah itu membuat ane bertanya-tanya apakah Monil Batman baru saja berlalu.??

10.Star Wars House


Rumah asli ini pertama kali dibangun pada 1970 oleh Claude Raja dan orang-orang yang mengambil inspirasi dari Neil Armstrong (yang baru saja mendarat di bulan). Piring terbang berbentuk rumah putih terletak di Chattanooga, Tennessee. Rumah ini tampak seperti terinspirasi langsung dari film Star Wars , namun film relesead hampir 7 tahun setelah rumah itu dibangun

sumber
READ MORE » 10 Rumah Asli Terinspirasi Dari Film Kartun