Webmaster SEO Tools

Free xml sitemap generator

Laman

Informasi Komputer 2009

JAKARTA - Penelitian tahunan yang dilakukan untuk kedua kalinya oleh Symantec mengungkapkan bahwa para manajer data center terjebak di antara dua tujuan yang saling bertentangan, ekspektasi pengguna yang lebih besar dan tingkat kinerja yang lebih tinggi, dengan pengurangan biaya terus menjadi tujuan utama untuk data center.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa penyediaan staf data center tetap problematik karena server dan storage masih kurang termanfaatkan dan rencana disaster recovery selalu ketinggalan zaman. Yang terakhir, responden mengindikasikan bahwa prakarsa data center ramah lingkungan mereka lebih didasarkan pada upaya penghematan biaya.

“Penelitian ini mengkonfirmasikan situasi yang kami lihat di lapangan. Perhatian lebih ditujukan pada inisiatif-inisiatif yang akan mendorong penghematan biaya secara cepat ketimbang program-program untuk memperoleh pengembalian investasi (ROI) dalam jangka panjang. Storage telah menjadi fokus utama dalam inisiatif-inisiatif ini karena kebutuhan akan kapasitas terus meningkat meskipun situasi ekonomi penuh tantangan,” ujar Rob Soderbery, senior vice president of Symantec Storage and Availability Management Group, melalui keterangan resminya, Jumat (16/1/2009).

Melakukan Lebih Banyak Pekerjaan dengan Biaya Lebih Rendah
75 persen dari seluruh responden yang disurvei melaporkan bahwa ekspektasi pengguna meningkat secara perlahan atau cepat. Selain itu, 60 persen responden memandang, memenuhi tingkat layanan yang diinginkan oleh perusahaan atau organisasi lebih sulit atau jauh lebih sulit. Hanya 10 persen memandang tingkat layanan lebih mudah dipenuhi. Meskipun demikian, ketika diminta untuk mengidentifikasi tujuan-tujuan utama selama 2008, pengurangan biaya adalah tujuan yang paling banyak disinggung. Fakta menujukkan, pengurangan biaya disinggung oleh lebih banyak perusahaan ketimbang dua tujuan lain (memperbaiki tingkat layanan dan memperbaiki daya respon) secara gabungan.

Inisiatif utama data center adalah berupaya melakukan lebih banyak pekerjaan dengan biaya lebih rendah, termasuk otomatisasi tugas-tugas rutin (disinggung oleh 42 persen responden), pelatihan-silang staf (40 persen) dan pengurangan kerumitan data center (35 persen).

Penyediaan Staf Tetap Manjadi Masalah Besar
Menurut penelitian tersebut, penyediaan staf tetap menjadi masalah krusial dengan 36 persen responden melaporkan bahwa mereka kekurangan staf, sementara 4% melaporkan kelebihan staf. Selain itu, 43% mengatakan bahwa menemukan pelamar yang memenuhi kualifikasi adalah masalah besar atau masalah sangat besar. Untuk menjawab masalah pemenuhan staf, banyak perusahaan banyak mengandalkan pada alih daya (outsourcing) dan pelatihan. Hampir setengah (45 persen) program alih daya dimaksudkan untuk memberi lebih banyak waktu kepada staf data center untuk fokus pada tugas-tugas lain. Tiga fungsi TI utama yang dialihdayakan meliputi business continuity (46 persen), backup (43 persen) dan storage management (39 persen). Pelatihan dipandang strategis oleh 68 persen responden, dengan 78 persen mengharapkan anggaran pelatihan naik atau tetap konstan pada 2 tahun mendatang.

Server dan Storage Tetap Kurang Termanfaatkan
Pada 2008 perusahaan-perusahaan melaporkan bahwa server data center mereka beroperasi dengan kapasitas hanya 53 persen. Pemanfaatan data center storage bahkan lebih rendah lagi yakni 50 persen. Tidak mengherankan jika Symantec menemukan banyak sekali kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan pemanfaatan di dua area ini. Inisiatif besar yang berhubungan dengan server meliputi konsolidasi server (80 persen) dan virtualisasi server (77persen). Untuk storage, inisiatif-inisiatif utama adalah virtualisasi storage (76 persen), perlindungan data secara kontinyu (71 persen) dan pengelolaan sumber daya storage (71 persen).

Disaster Recovery Ketinggalan Zaman
Manajemen data center terus melaporkan perlunya perbaikan di bidang disaster recovery. Fakta menunjukkan, hanya 35 persen melaporkan rencana disaster recovery mereka di atas rata-rata, sementara 27 persen mengatakan masih perlu perbaikan dan 9 persen melaporkan rencana mereka sifatnya tidak resmi atau tidak didokumentasikan. Perusahaan-perusahaan masih merasa bahwa kesalahan manusia (human error) adalah penyebab terbesar terjadinya downtime tanpa terencana, angkanya mencapai 25 persen dari penyebab downtime keseluruhan. Disusul oleh kegagalan hardware/software dan matinya aliran listrik.

Data Center Ramah Lingkungan Dikendalikan Oleh Biaya
Melanjutkan tren yang diidentifikasi pertama kali pada 2007, fokus data center ?ramah lingkungan? lebih didorong oleh masalah biaya pada 2008 dengan tanggung jawab sosial yang meningkat. Penelitian ini menanyakan mengapa menciptakan Green Data Center penting bagi tempat kerja mereka. Mengurangi konsumsi listrik disinggung oleh 54 persen, diikuti oleh pengurangan biaya pendinginan (51 persen) dan rasa tanggung jawab terhadap komunitas (42 persen).

Laporan Tersebut Menegaskan Perlunya Solusi
Penelitian pada tahun ini menunjukkan tetap pentingnya bagi perusahaan-perusahaan untuk mengontrol kerumitan data center dan biaya. Dengan keharusan melakukan lebih banyak pekerjaan dengan biaya lebih rendah, perusahaan-perusahaan berupaya keras menemukan solusi-solusi yang memiliki dampak segera terhadap biaya dan efisiensi.

Laporan tahunan State of the Data Center yang kedua dari Symantec adalah hasil survei yang dilakukan pada September dan Oktober 2008 oleh Applied Research. Penelitian ini membidik 1,600 manajer data center di perusahaan-perusahaan dalam daftar Global 5000 dan institusi-institusi sektor publik yang ada di 21 negara. Untuk mengakses laporan State of the Data Center atau mereview sumberdaya tambahan State of the Data Center, silakan mengunjungi press kit online State of the Data Center. (srn)
READ MORE » Informasi Komputer 2009

Cara Memilih FlashDisk Bagus


Flash disk (FD) sat ini merupakan sebuah keharusan bagi mereka yang berkecimpung di dunia komputer. Anak sekolah hingga kuliah saat ini rata-rata memilikinya, nah tips berikut ini bisa membantu mereka memilih FD yang sesuai untuk kebutuhan...

--------------------------

Sudah tidak zaman lagi memakai disket untuk menyimpan data yang bisa dibawa kemana-mana. Kenggunaan CD atau DVD pun sekarang masih repot karena sulitnya proses burning. Selain itu, CD tidak mudah dalam pertukaran data. Anda harus menghapus atau memformat ulang CD jika ada datanya. Jika mau memasukan data, Anda harus memburn-nya. Intinya disket dan CD sangat repot jika digunakan untuk media pertukaran data.

Melihat hal ini, maka flash disk lah (atau yang sering orang bilang usb disk) yang bisa memenuhi kebutuhan akan kapasitas dan kemudahan pertukaran data yang portable. Tulisan ini bisa jadi bahan pertimbangan dalam membeli flash disk berikut tipsnya

Kapasitas
Hal ini ditentukan oleh jenis user. Jika Anda adalah anak sekolah yang hanya memakai untuk menyimpan tugas-tugas sekolah dan beberapa gambar atau musik, maka kapasitas 1GB pun sudah mencukupi.

sebagai contoh dan pertimbangan berdasarkan kebutuhan :

1. Anak Sekolah (tugas,musik,gambar) = 1GB
2. Anak Sekolah (tugas,musik,gambar,download dari internet) = 2 - 4GB
3. Umum (tugas,musik,gambar,download dari internet,design pekerjaan) = 4GB - 8GB
4. Umum (tugas,musik,gambar,download dari internet,programming) >= 4GB - 8GB
5. Umum (murni kerja di dunia web, design, programming, atau hal serius lain) > 4-16 GB; disarankan menggunakan hard disk eksternal saja. Harganya jauh lebih murah kalau dibandingkan dengan flash disk.

Fitur Flash Disk
Jjangan terlalu tergiur dengan fitus bawaan dari flash disk. Misalnya, antivirus, program-program kecil, games kecil, dan lainnya. Ini semua bisa didapat dengan mudah tanpa harus membayar lebih dari mereka. Terlebih lagi, umunya program gratis mereka tidak begitu terpakai oleh kita.

Bentuk
Yang paling penting yaitu penutup flash disk. Pilihlah yang tutupnya menyambung pada badan flash disk. Semakin sering Anda membuka tutupnya, akan semakin longgar dia menutup. Sering terjadi tutup flash disk hilang karena sudah lama dipakai. Belilah yang memiliki bentuk sederhana namun menjamin bagian-bagian dari flash disk itu tidak akan hilang, terutama tutupnya.

Garansi
Jangan tergiur pada garansi seumur hidup. Faktanya, jarang ada orang yang datang lagi ke toko tempat ia membeli untuk menagih garansi ketika flash disknya rusak. Mereka cenderung memilih untuk membeli yang baru. Pada dasarnya, semua flash disk bagus. Tentu saja penting melihat apa yang ditawarkan pihak produsenya. Namun, jangan terlalu tergiur pada masalah garansi.

Merek
Memang merek memegang peranan, namun sebenarnya yang perlu di perhatikan adalah keamanan dan standarisasi dari produk, lihatlah lebih lanjut pada bungkus flashdiks anda, dan bila perlu cari tau via internet. pilihlah merek yang banyak orang sekitar anda pakai. Jika mereknya jarang didengar, bisa jadi komputer Anda tidak bisa mengenalinya. dan susah mencari drivernya. (sman3oku.sch.id)

--------UPDATE------

Pada saat ini flash disk menjadi tren sebagai media penyimpanan data yang paling efektif, efisien dan mampu menghilangkan fungsi disket yang mampu bertahan sekian tahun sebagai media penyimpan data yang paling mudah dan efektif. Tak heran jika produsen flash drive sangat berkembang bak jamur di musim hujan, dari kapasitas yang bermacam tak luput pula bentuk yang aneh dan unik yang tentunya hal ini untuk menarik perhatian konsumen agar tertarik memilikinya. USB flash disk memang mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan media penyimpanan data lainnya, kapasitasnya yang lebih besar juga bentuknya yang kecil, ringan hingga bisa dimasukkan ke dalam saku.

  • Keamanan, mengapa ? karena keamanan memang cukup penting, karena data-data yang tersimpan dalam flash disk bisa pastinya data penting. Untuk itu sebaiknya pilihlah flash disk yang mempunyai chip pengontrol dalam setiap unitnya. Chip pengontrol akan memungkinkan user untuk menginstall usb flash disk dengan berbagai macam software portabel, seperti: Security Software, File Syncronization, de el el….
  • Kecepatan transfer data. Mengcopy dari dan ke flash drive pasti sering kita lakukan bahkan hampir tiap kita menggunakan removable ini, karena memang itu tujuan media penyimpanan ini diciptakan. Kecepatan transfer akan menjadi sangat penting mengingat sekarang kapasitas flash disk sudah relatif besar. Saat ini USB versi 2.0 adalah versi terbaru. Dengan teknologi saat ini, pastikan usb flash disk yang anda beli adalah High Speed Usb 2.0 Flash Disk.
  • Garansi, Produsen atau Toko terkadang menghalalkan segala cara agar barang penjualannya laris, Jangan terkecoh dengan garansi yang diberikan oleh produsen atau toko penjual sub flash disk tadi, karena usb flash disk ini mempunyai masa pakai (Ingat semua benda yang di pakai pasti memiliki masa aus. Masa pemakaian rata-rata dari sub flash disk adalah 2-3 tahun. Setelah itu pengguna biasanya membutuhkan usb flash disk dengan kapasitas yang lebih besar, karena harga usb flash disk biasanya lebih murah dengan kapasitas yang makin besar ketimbang size yang lebih kecil. Hal itulah yang menjadi dasar untuk mengatakan bahwa masa garansi selama 2-3 tahun adalah lebih cukup untuk flash disk.
  • Desain model dari usb flash disk itu sendiri, karena kita memiliki keinginan tang berbeda dari segi physically kan? yang lebih baik tentunya bukan hanya dari segi physically nya saja, namun kita juga mesti pertimbangkan juga tentang kelengkapan packet yang ada, apakah ada tali sebagai gantungannya, apakah ada cd drivernya (meskipun win95, win98, win2000 sudah masuk museum, atau software all driver USB drive sudah tinggal download) kemudian bagaimana dengan kabel datanya, apakah ada?
  • Hati-hati dengan kalimat ” Murah Meriah” jarang sekali bisa kita dapatkan baik berupa barang ataupun jasa, karena produsen tentu lebih mengerti berapa modal yang dibutuhkan dan berapa keuntungan yang akan mereka inginkan, dari situlah mereka menentukan harganya. ” Barang Bagus Harga Bagus” mungkin ini kalimat yang tepat, dalam arti kata suatu barang yang bagus biasanya harganya mahal sesuai kehandalannya.
  • Kapasitas berapa yang ingin anda miliki tentunya sesuai kegunaan, ingat sekali lagi kapasitas besar belum tentu lebih baik, karena harus perhatikan point yang ketiga. Sayangkan kalau kita sudah beli terus kita beli lagi karena kapasitas yang kurang. kalau saran saya ni ya beli yang kapasitas 2 GB aja, itu udah lebih dari cukup dan dirasa ideal
Sekian dulu jangan lupa comment yah....
READ MORE » Cara Memilih FlashDisk Bagus

Produk Corsair Palsu


Satu lagi merek dan produk kembali dipalsukan masuk ke Indonesia. Produk palsu dengan merek Corsair saat ini sedang beredar di Indonesia.

Informasi yang kami dapatkan dari pihak distributor Corsair Indonesia, menyebutkan tidak adanya label hologram pada produk palsu tersebut. Dan tidak memiliki label dari distributor Indonesia yang dipegang oleh Dimensi Tiga Computer (DTG)- Jakarta.

Dibawah ini surat dari pihak Dimensi Tiga Computer - Jakarta
http://obengware.com/news/Image/2009mei/19konfirmasidaridtgdistributorcorsair.jpg


READ MORE » Produk Corsair Palsu