Webmaster SEO Tools

Free xml sitemap generator

Laman

Keunggulan-keunggulan Android

Android OS adalah sebuah sistem operasi mobile phone yang direlease oleh google. Google merupakan sebuah perusahaan yang memiliki segudang aplikasi yang handal, seperti gmail, blogger, webmaster tool, google analytic, google buzz, google wave, spreadsheet, dan masih banyak lagi….

Itulah yang menjadi kunci keunggulan Android OS karena didukung oleh sebuah perusahaan terkemuka dan memiliki segudang fitur unggulan yang saat ini banyak digunakan oleh khalayak ramai…

Salah satu yang membuat saya menarik untuk menulis ini adalah adanya fitur “Take Picture and Search“, Sebelum adanya fitur ini, fitur pencarian hanya dapat dilakukan dengan mengetik, atau paling canggih sekalipun dengan audio or suara dech…., sekarang ini mah paling canggih, mo search buku misalnya, kamu tinggal foto dech pake hape Android Os, trus google langsung akan men-searchkannya untuk kita

kelebihan yang lain adalah..

Multi-Tasking
Berbeda dengan Iphone yang kesulitan dalam melakukan Multitaskin, Android mampu menjalankan beberapa aplikasi sekaligus yang tidak terbatas, baik aplikasi-aplikasi yang berasal dari bawaan sistem atau tambahan dari Android Market. Mendengar musik sambil browsing dan menerima notifikasi dapat dilakukan dengan mudah.

Home Screen Informatif
Konsep home screen pada Android seperti Windows Mobile di mana segala notifikasi dapat dipantau dari home screen. Namun, Android juga menyediakan tempat bagi widget-widget notifikasi lain untuk berada di home screen. Cara ini memudahkan akses info cepat ketimbang home screen di BlackBarry ataupun iPhone.

Pilihan Peranti Banyak
Vendor pendukung sistem operasi ini memang banyak. Jadi pilihan perangkat yang bisa kamu pilih beragam dan harganya pun bervariasi.

Bebas Memodifikasi Sistem
Android mengijinkan kamu untuk melakukan jailbreaking untuk memodifikasi sistem. Selain itu kamu juga bisa melakukan modifikasi pada ROM sistem. Ada beberapa komunitas di internet yang menjadi wadah dan menyediakan customed ROM untuk perangkat Android. Sistem yang dapat dimodifikasi dan diinstal pada ponsel pintar bersistem Android, siapa yang tak ingin?

Setting yang Mudah
Sistem Android memang diluncurkan demi alasan kemudahan. Pengesetan ponsel berbasis OS ini untuk keperluan sehari-hari sesuai keinginan dan aktivitas pribadi bisa dengan mudah dilakukan. Pengesetan ini bisa dilakukan langsung dengan bantuan widget pada home screen. Kamu juga bisa membuat shortcut khusus untuk setting tertentu untuk dipasang di home screen.

Perangkat ponsel berbasis Android memang sudah sangat lama dinantikan. Jika kamu termasuk orang yang suka akan gadget pintar, ponsel berbasis Android bisa jadi pelengkap gadget yang kamu pakai saat ini, atau bahkan menggantikannya!

Keren bukan? tertarik?
READ MORE » Keunggulan-keunggulan Android

Modal Rp100 Juta Bisa Beli BMW

Bagi Anda berkantong pas-pasan yang ingin menikmati BMW, tidak ada salahnya mampir di pasar mobil bekas. Di pasar ini Anda bisa memilih mobil-mobil sesuai kantong. Bahkan tidak harus cash, Anda bisa kredit melalui berbagai lembaga pembiayaan.

Misalnya, hanya memiliki budget Rp100 juta, Anda bisa mencoba BMW Seri 3 tahun produksi 2000 ke bawah seperti 318i M43 E36. Mobil ini yang matik masih dibandrol Rp81 juta (2000) dan Rp72 juta (1999). Sedangkan yang manual, Rp76 juta (2000), dan Rp68 juta (1999).

BMW 318i 318i M43 E46 tahun 2000Pilihan lain adalah 318i M43 E46 matik. Mobil ini rata-rata masih dibandrol Rp81 juta untuk tahun 2000 dan Rp89 juta (1999).

Sedangkan seri 5, Anda bisa 528i Triptonic matik. Cuma Anda tidak bisa dapat mobil tahun 2000. Paling Anda hanya dapat tahun 1999 (Rp101 juta) dan tahun 1998 (Rp86 juta).

Bila mau menambah sedikit, Anda sudah bisa dapat 318i Lifestyle matik tahun 2000 yang dijual Rp102 juta, atau 323i E46 matik seharga Rp104 juta (2000)

Namun, ingat bila Anda membeli mobil bekas, Anda harus memperhatikan beberapa hal, seperti:

1. Pilihlah show room atau dealermobil yang terpercaya dan memberikan garansi kepada pembeli. Bila membeli lewat orang, yakinkan asal usul mobil tersebut.

2. Jangan gampang terbujuk pada penjual yang menawarkan mobil bekas dengan harga sangat murah. Lazimnya mobil bermasalah alias curian, penjual akan menawarkan serendah mungkin agar cepat laku.

3. Jangan begitu saja percaya bila penjual mengatakan Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) yang asli hilang, dan Anda hanya diberi salinan. Karena bisa saja BPKB mobil tersebut bermasalah.

4. Datanglah ke bagian Tata Usaha STNK dan BPKB Kantor Samsat di Polda setempat untuk mengecek apakah mobil yang Anda beli sedang tidak bermasalah atau pernah masuk dalam daftar blokir (mobil hilang). Periksa pula kesesuaian surat-surat dengan nomor mesin, nomor rangka, dan nomor BPKB kendaraan yang hendak dibeli.

5. Mintalah salinan KTP atau identitas penjualnya, catat alamat dan nomor telepon si penjual mobil yang mudah dihubungi. Ini penting bila sewaktu-waktu Anda membutuhkan data untuk mengurus surat-surat kendaraan.

6. Setelah dibeli, segera urus balik nama surat-surat kendaraan Anda.
READ MORE » Modal Rp100 Juta Bisa Beli BMW

Mobil-mobil Termahal Selebriti Dunia (PART1)

Koleksi mereka berbagai merek, dari Porsche, Rolls Royce hingga Bugatti
Memiliki mobil super mewah bagi selebriti papan atas sangat mudah. Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi setidaknya mereka memiliki modal untuk mendapatkannya.

Dengan bayaran miliaran rupiah, mobil-mobil indah Porsche, Rolls Royce, hingga Bugatti bisa mereka dapatkan. Hollyscoop.com baru-baru ini merilis mobil-mobil termahal yang dimiliki selebriti dunia. Berikut mobil-mobilnya:
1. Jay Z - Maybach Exelero
Jay Z - Maybach ExeleroMaybach Exelero merupakan mobil yang mempunyai performa super tinggi. Dirancang dan dibangun oleh produsen mobil mewah Maybach, dan dikeluarkan pada Mei 2005. Perusahaan ban Bintara

Fulda menggunakan mobil ini sebagai penguji ban lebar generasi baru. Jerman sebagai produsen mobil mewah menciptakan model one-off sebagai interpretasi modern dari mobil legendaris efisien dari 1930an.

Meski pun beratnya mencapai 2,66 ton, mobil ini bisa dipacu hingga 351 km per jam. Sedangkan akselerasi 0-100 km per jam ditempuh dalam 4,4 detik. Exelero menggunakan mesin V12 Twin Turbo 5.908 cc.

Karena itu, tidak heran bila Jay Z rela menghabiskan Rp72 miliar hanya untuk membawa pulang satu unit Maybach Exelero.
2. Birdman - Bugatti Veyron
Rapper Birdman- Bugatti VeyronRapper Birdman telah menjatuhkan pilihannya pada Bugatti Veyron, meski harus merogoh kocek Rp20 miliar lebih untuk membawa mobil ini. Veyron tidak hanya salah satu mobil Eropa paling mahal di dunia, tetapi juga mobil tercepat di planet ini.

Menggunakan mesin W16 - V8S empat turbocharger bisa menghasilkan tenaga 1.200 hp, sehingga bisa melesat 431 kilometer per jam. Dengan kecepatan setinggi ini, Veyron telah menjadi mobil tercepat di dunia.

Kecepatan 0-100 km per jam ditempuh dalam 2,5 detik, serta kecepatan maksimal hanya ditempuh dalam waktu 55 detik dari keadaan berhenti.
3. Simon Cowell - Bugatti Veyron
Simon Cowell - Bugatti VeyronSimon mungkin terlihat cerewet saat menjadi juri di American Idol, tapi dia tersenyum ketika dia menunggangi Bugatti. Sebab, dengan mobil ini kecepatan 100 km per jam hanya memerlukan waktu 2,5 detik, dan dia bisa melesat tercepat di dunia.

Untuk memboyong mobil ini ke garasinya, Simon juga harus merogoh kantong hampir sama dengan Birdman.

Simon ternyata juga seorang kolektor mobil. Di garasinya ada juga Ferrari dan Rolls Royce Phantom. Bahkan dia sudah masuk dalam daftar tunggu pemesanan Cabriolet 100EX.
4. Jerry Seinfeld - Porsche 959
Jerry Seinfeld - Porsche 959Seinfeld dikenal sebagai penggila automotif karena ia memiliki hanggar di Santa Monica Airport, California, Amerika Serikat, yang berisi 46 Porsche yang ia koleksi sejak 1990-an. Satu di antaranya Porsche 959 yang hanya diproduksi 337 unit di seluruh dunia.

Sebab itu, Seinfeld berani merogoh kocek hingga Rp6,3 miliar.


5. Nicolas Cage - Enzo Ferrari
Nicolas Cage - Ferrari EnzoNick sempat memiliki Ferrari Enzo seharga Rp6 miliar sebagai koleksi pribadinya. Enzo memiliki mesin F140 Aluminum V12, dan hanya diproduksi sebanyak 399 unit.

Cage terbiasa ngebut setelah lakonnya dalam 'Gone in 60 Seconds'. Dia ketagihan menggunakan mobil balap dalam kehidupan sehari-hari. Sayang mobil sport yang bisa dipacu 349 km per jam itu harus ia jual untuk membayar utang yang membelitnya.
READ MORE » Mobil-mobil Termahal Selebriti Dunia (PART1)

Hati Jangan Memangku Laptop Terlalu Lama!!


Tak sedikit orang yang terbiasa menggunakan pahanya sebagai pengganti meja untuk menaruh laptop. Meski praktis, waspadai gangguan kulit yang timbul akibat panas yang muncul dari komputer jinjing tersebut.

Meski rasa panas yang berasal dari mesin prosesor laptop tidak menyebabkan kulit terbakar, memangkunya bisa menyebabkan penggelapan warna kulit yang permanen atau disebut juga dengan istilah toasted skin syndrome. Meski jarang, kulit yang terpapar panas dari laptop juga bisa memicu kanker kulit.

Panas dari laptop bisa mencapai 50 derajat Celsius. Oleh karena itu, kita disarankan untuk tidak memangku laptop terlalu lama. Gangguan kulit merupakan salah satu dari 10 jenis dampak negatif penggunaan laptop bagi kesehatan yang dicatat para ahli.

Pada masa lalu, toasted skin syndrome biasanya diderita oleh para pekerja yang tugasnya berdekatan dengan sumber panas, seperti pekerja di pabrik roti atau pembuat kaca.

"Kulit yang gelap itu jika dilihat di bawah mikroskop mirip dengan kerusakan kulit akibat terlalu lama terpapar sinar matahari," kata dr Kimberley Salkey, profesor dermatologi dari Eastern Virginia Medical School, AS.

Laporan medis beberapa tahun lalu menunjukkan kasus seorang pria dengan temperatur di bagian skrotum atau buah zakarnya meningkat gara-gara terlalu sering memangku laptop. Dalam jangka panjang, hal ini akan menyebabkan produksi sel sperma berkurang sehingga menjadi infertil.
READ MORE » Hati Jangan Memangku Laptop Terlalu Lama!!

Tips Meningkatkan Sinyal Modem Wireless

Pada saat ini hampir semua operator telepon selular di negeri ini menyediakan layanan internet, kita tinggal memilih operator mana yang kita mau.. .

Postingan kali ini tidak akan membahas pilih- memilih ISP(Internet Service Provider), tetapi bagaimana cara rahasia meningkatkan sinyal modem wireless atau trik meningkatkan / menstabilkan sinyal 2G atau 3G sehingga akses internet kita lebih stabil.

Berikut saya sudah sediakan cara rahasia meningkatkan sinyal modem wireless yang mungkin patut anda coba di rumah, silahkan simak baik-baik.. di bawah ini :

Tadinya saya selalu dibuat jengkel karena sinyal HSDPA dari operator yang saya pakai selalu timbul tengelam dan bahkan menghilang..mungkin karena jauh dari BTSnya.sehingga internet sering lambat atau sering putus.

Saat ini masalah itu sudah tidak terjadi lagi karena sinyal HSDPAnya selalu full bar.. walaupun saya berada di ruangan yang tertutup tembok atau di ruangan yang biasanya tidak mendapat sinyal ..

Yang saya lakukan adalah menempatkan modem jauh di atas, di daerah yang lebih terbuka yaitu di luar rumah, di atap lantai dua.. menjadikan sinyal yang tertangkap kuat dan stabil, tidak timbul tenggelam lagi.

Cara yang digunakan adalah memperpanjang kabel USB modemnya.. hingga 12(dua belas)meter (standarnya 1 atau 1,5 meter), ini memang melawan teori yang katanya kabel USB itu maksimal panjangnya sekitar 5 meter.

Tapi kenyataannya panjangnya ditambah ..BISA. Mungkin ini akan tergantung dari jenis kabel yang digunakan, merk/jenis modem, dan kekuatan power port usb komputernya.

Modem yang saya gunakan adalah Huawei E270.. bahkan sebelumnya ketika menggunakan modem huawei EC325 (CDMA) panjang kabelnya mencapai 15 meteran, dan ketika kabel tersebut digunakan untuk modem huawey E270, modemnya tidak terdeteksi kemudian panjang kabelnya dikurangi dan dikurangi sehingga pada kisaran panjang 12 meter modem E270 berfungsi dengan baik.

Bagaimana cara menyambungnya?, jenis kabel apa yang digunakan?

1. Siapkan kabel USB standar (kabel USB ke modem) yang berkualitas baik.

2. Siapkan kabel UTP (Unshielded twisted pair, adalah kabel standar untuk koneksi jaringan komputer LAN), cat 5 atau cat 6 lebih baik, panjang disesuaikan misal 12 meter dulu (12 m belum tentu cocok dengan modem anda, nantinya panjangnya mungkin harus dikurangi)

3. Peralatan untuk penyambungan : Solder, timah, isolasi, gunting / tang pemotong

Cara pengerjaan

1. Potong (bagi dua) kabel USB modem, kemudian kupas masing- masing ujungnya.
Kabel USB di dalamnya memiliki 4 kabel ditambah 1 ground (kabel ground nantinya tidak digunakan, karena keterbatasan jumlah isi kabel UTP).

2. Siapkan kabel UTP, kupas kedua ujungnya. kabel UTP memiliki isi 8 kabel di dalamnya. Karena kabel USB berisi 4 kabel, maka kita hanya memerlukan 4 isi kabel UTP, tetapi supaya dapat menambah daya hantar (mengurangi resistansi) setiap dua kabel digandengkan / disatukan, jadi seolah-olah kabel UTP ini berisi 4 kabel.

3. Sambungkan kabel USB dengan kabel UTP , perhatikan warna kabel agar jangan sampai tertukar, solderlah setiap sambungan kemudian beri isolasi.

4. Agar sambungan antar kabel kuat dan koneksinya bagus, solderlah dengan baik kemudian beri isolasi untuk mencegah konsleting.

5. Periksalah sekali lagi, kalau sudah yakin sambungannya benar, baru bisa dicoba, kalau belum yakin jangan dicoba-coba. karena kalau sambungan tidak benar dapat menyebabkankomputer(port USB) atau modemnya rusak. kalau masih belum mengerti coba tanyakan atau minta bantuan ke teman yang mengerti tentang elektronik.

6. kalau sudah benar-benar yakin, silakan coba , nyalakan komputer dan sambungkan modemnya, kalau modem sudah terdeteksi oleh komputer berarti tinggal menempatkan modem di area yang paling bagus untuk menerima sinyal.
Bila belum terdeteksi atau USB malfunction, berarti kabelnya harus dibuat lebih pendek lagi..

6. Setelah modem terbukti berfungsi, kemudian tempatkan modem di daerah yang sekiranya sinyal dari operatornya paling kuat.

Yang harus diperhatikan :

Hati-hati terhadap bahaya petir, kalau sudah cuaca mendung dan kita tidak yakin dengan penangkal petir gedung / rumah kita.. lebih baik turunkan saja

Pada aplikasinya dapat pula digunakan untuk menempatkan modem di dalam kendaraan, tentunya dengan sambungan kabel yang lebih pendek.. Informasi terbaru dan trik rahasia ini tentunya sangat bermanfaat.

OK Gan..!! Semoga cara rahasia meningkatkan sinyal modem wireless yang saya berikan ini, dapat bermanfaat bagi agan-agan sekalian.. Dan terakhir, jangan lupa berikan komentarnya yah..

Tempatkan di area yang tidak mendapat sinar matahari langsung.
Hati-hati juga terhadap hujan.. kalau kena air hujan ya berakhirlah…

READ MORE » Tips Meningkatkan Sinyal Modem Wireless

Planet 'Kembaran' Bumi Zarmina?

Kapal Enterprise itu berputar. Mengitari planet jingga yang diselimuti awan tipis. Nama planet itu Fotialla. Setelah agak dekat, Kapten James Kirk turun ke permukaan. Sang komandan meluncur dengan teknologi teleportasi. Sementara, kemudi kapal diambil alih Mr Spock.

Yang mereka tahu, Fotialla atau planet M-113, adalah planet tua dengan peradaban yang telah mati. Faktanya tidak. Mereka diserang oleh alien buruk rupa yang mampu bersalin wajah seperti manusia. Bahkan alien menyelusup ke dalam Enterprise dan menewaskan beberapa kru kapal.

Ini bukan kisah nyata, melainkan salah satu adegan Star Trek dalam episode 'The Man Trap'. Semua kejadian fiksi itu digambarkan terjadi tahun 1513.1. Di skenarionya, Fotialla dikategorikan sebagai Planet kelas-M. Planet jenis ini memiliki atmosfer dengan kandungan oksigen, nitrogen, dan air yang berlimpah.

Dalam dunia nyata, klasifikasi planet kelas-M itu mirip dengan terminologi ilmiah ‘Planet Goldilock.’ Para ahli meramalkan, di planet inilah, manusia suatu saat bisa tinggal.

Akhir September 2010, sekawanan pakar pemburu planet baru, menemukan salah satu planet goldilock. Planet baru itu kemudian diberi nama Gliese 581g.

Tim pemburu yang menemukan Gliese 581g, itu adalah Steven Vogt dari University of California (UC) Santa Cruz, Paul Butler dari Carnegie Institution, Eugenio River dari UCSC, Nader Hagahighipour dari University of Hawaii, Manoa, serta Gregory Henry dan Michael Williamson, dari Tennessee State University.

Planet 581g ini terletak di konstelasi Libra, dalam sistem tata surya bintang kerdil merah (Red Dwarf). Bintang kerdil berwarna merah itu dikatalogkan astronom Jerman Wilhem Gliese, pada tahun 1957. Guna menghormat sang penemu, bintang kerdil merah yang menyerupai matahari itu kemudian diberi nama Gliese 581.

Gliese 581 memiliki sejumlah planet yang mengitarinya, yang kemudian diberi nama Gliese 581 dengan diimbuhi dengan abjad di belakangnya sebagai pembeda.

Planet yang paling dekat dengan bintang induk Gliese 581 diberi nama Gliese 581e, disusul Gliese 581b, dan Gliese 581c. Planet yang berada di posisi keempat adalah planet yang baru ditemukan, Gliese 581g. Dua planet di belakangnya diberi nama Gliese 581d, dan yang terjauh Gliese 581f.

Namun yang kini paling menarik perhatian adalah Gliese 581g. Sebab planet baru itu sangat mirip dengan kondisi bumi.

Steven Vogt, penemu planet itu, kurang sreg dengan nama Gliese 581g. Planet baru ini, katanya, "terlalu cantik untuk diberi nama Gliese 581g." Vogt lebih suka menamainya Zarmina, nama istri Vogt yang tinggal di California.

Mengenal Zarmina Lebih Dekat

Planet ini mirip dengan bumi. Ukurannya lebih besar, sekitar 20 hingga 50 persen lebih besar dari bumi. “Planet ini bisa menampung lebih banyak real estate daripada bumi,” kata Vogt setengah bercanda. Dengan ukuran sebesar itu, Zarmina tentu saja bisa mampu menampung lebih banyak mahluk hidup, termasuk manusia.

Bagaimana keadaan di sana? Zarmina ini memiliki massa 3 hingga 4 kali lebih besar dari massa bumi. Gravitasi di permukaannya juga lebih besar, sekitar 1 hingga 1,5 lebih besar dari gravitasi bumi. Artinya, kalau kalau di bumi bobot Anda 70kg, maka di Zarmina akan melar hingga sekitar 100kg.

Kekuatan gravitasi yang lebih besar itu, membuat Zarmina mampu menahan lapisan atmosfer di permukaannya. Atmosfir memang sangat penting, terutama untuk menjaga tekanan air, agar tetap bisa berwujud cair.

“Dari data yang kami kumpulkan planet ini berada di jarak yang tepat untuk menemukan keberadaan air, dan massa planet ini juga tepat untuk keberadaan atmosfir,” kata Paul Butler, peneliti dari Carnegie Institution of Washington, yang membantu Vogt. Dengan posisi seperti itu, Zarmina mungkin saja bisa dihuni manusia.

Ahli Riset Astronomi Astrofisika dari LAPAN, Profesor Dr. Thomas Djamaludin, menegaskan bahwa setidaknya ada tiga syarat utama sebuah planet bisa dihuni. Yakni sumber panas (matahari), air dan kehidupan organik. Dari indikasi yang ditemukan para ahli, Zarmina sudah memenuhi dua dari tiga syarat tadi.

Jarak Zarmina dengan matahari ( Gliese 581) sekitar 0,15 satuan astronomi (SA). Dan 1 satuan SA setara dengan jarak bumi dengan matahari, atau sekitar 150 juta km.

Artinya, jarak Zarmina dengan mataharinya (Gliese 581) 7 kali lebih dekat daripada jarak bumi ke matahari. Bila bumi memiliki revolusi selama 364 hari, Zarmina hanya memerlukan 37 hari guna menuntaskan sekali putaran di orbitnya.

Karena Gliese 581 jauh lebih kecil dari ukuran matahari yang dikitari bumi, bintang itu tak akan sepanas matahari. Oleh karenanya, suhu rata-rata permukaan Zarmina, diperkirakan berkisar antara -31 hingga -12 derajat Celsius.

Namun temperatur aktual planet ini cukup ekstrim. Bisa sangat panas. Bisa pula sangat dingin. Menurut Vogt, di antara kawasan panas dan dingin, terdapat wilayah terminator.

Pada wilayah terminator yang dilewati garis khatulistiwa, suhunya terasa hangat, seperti di Meksiko atau Ekuador, di mana penghuni di sana masih cukup nyaman mengenakan kaus berlengan.

Di wilayah yang panas, angin akan bertiup dengan kecepatan 30-40 mil per jam. Sementara di tempat yang dingin, angin berhembus dengan kecepatan hingga 10 mil per jam.

Uniknya, lantaran letaknya cukup dekat dengan bintang induk, Zarmina sama sekali tidak melakukan rotasi seperti bumi. Untuk mempertahankan posisinya dari tarikan gravitasi matahari (Gliese 581), posisi Zarmina terkunci.

Permukaan yang menghadap matahari akan tetap mendapat cahaya dan panas, sementara permukaan sebelah belakang akan gelap dan dingin sepanjang masa. Oleh karenanya, di planet itu tidak ada siang dan malam. Bagian yang menghadapi matahari selalu siang dan bagian sebaliknya, malam selalu.

Sejak 11 Tahun Lalu

Penemuan ini adalah hasil jerih payah Steven Vogt dan timnya, yang mengawali penelitian yang disponsori National Science Foundation dan NASA, sejak 11 tahun lalu.

Vogt, adalah Profesor astronomi dan astrofisika yang telah melakukan observasi di berbagai riset UCSC dan University of California Observatories, sejak 1978. Vogt adalah orang yang mendesain spektrometer HIRES, yang digunakan untuk mengukur kecepatan radial sebuah bintang.

Menurut Kepala Observatorium Boscha Lembang, Hakim L Malasan, Vogt adalah salah satu tokoh pionir dalam penemuan planet yang layak huni, selain Prof Michel Mayor dan Didier Queloz yang pada 1995 menemukan planet ekstrasolar (planet-planet di luar tata surya) pertama, di sistem bintang 51 Pegasi.

Penemuan Zarmina sendiri disandarkan pada penelitian-penelitian di Observatorium WM Keck di Mauna Kea, Hawaii, yang dikombinasikan dengan data-data dari Observatorium Geneva Swiss, yang sebelumnya sudah menemukan empat planet Gliese lain.

Ini memang seperti berada di perbatasan antara fiksi dan kenyataan. Para peneliti sendiri tak pernah melihat langsung planet Zarmina melalui teleskop, karena teleskop hanya bisa melihat cahaya dari bintang induk Gliese 581.

Mereka hanya bisa menganalisa adanya planet-planet - termasuk Zarmina, dengan menggunakan spektrometer yang mampu mengukur kecepatan radial bintang Gliese 581.

Gaya tarik menarik antara bintang Gliese 581 dengan Zarmina, menyebabkan bintang induk mengalami pergerakan dan berputar pada orbit yang kecil. Dengan mengamati kecepatan radial itulah, kemudian planet Zarmina terdeteksi dan dapat diperkirakan massa dan orbitnya.

Penemuan Zarmina sendiri dicapai melalui perdebatan dan kompetisi yang cukup seru di kalangan para peneliti. Untuk mengumpulkan data-data, setiap tahun Tim Vogt hanya memiliki 15 hari untuk menggunakan teleskop, yang diantre oleh begitu banyak tim yang meriset berbagai obyek penelitian.

Tim Vogt sempat berkonflik dengan Observatorium Geneva, ketika mereka meminta data-data yang sangat penting. "Saya sempat mengatakan kepada pihak Swiss bahwa ini adalah kerja keras dan dan kita harus melewati tahapan di mana, 'Data kami lebih sempurna dan data Anda tidak, dan seterusnya, dan seterusnya,'" kata Vogt.

Untungnya, Vogt berhasil meyakinkan pihak Swiss untuk membagi data-data guna menuntaskan risetnya. "Saling membantu satu sama lain, adalah cara terbaik untuk menemukan kebenaran," ujarnya.

Planet Habitable Selanjutnya

Penemuan Vogt itu disanjung para ilmuwan ternama. Salah satunya adalah Sara Seager, pakar Eksoplanet (planet-planet di luar tata surya) dari MIT. “Penemuan ini sangat incremental dan monumental,” kata Sara.

Menurutnya, riset-riset yang dilakukannya telah menemukan beberapa planet yang lebih kecil dan letaknya dekat dengan zona yang bisa ditinggali manusia (habitable zone). Tapi, dia melanjutkan, “Ini adalah planet yang benar-benar berada di habitable zone.”

Disanjung begitu rupa, Vogt dan Butler tetap merendah. Penemuan ini, kata Vogt, bukanlah puncak dari pencapaian astronomi. Zarmina, katanya, cuma pemicu awal yang akan membawa ke berbagai penemuan planet-planet Goldilock berikutnya.

"Planet ini begitu dekat, dan kami menemukannya dengan cukup singkat. Boleh jadi, kami akan menemukan yang seperti ini lagi," kata Vogt.

Di luar Zarmina, diperkirakan masih ada lebih dari 400 planet ekstrasolar yang menunggu ditemukan. Namun, seperti kata Profesor Thomas Djamaluddin, penemuan planet-planet habitable saat ini lebih pada tujuan penemuan terhadap kemungkinan adanya kehidupan mahluk cerdas lain selain manusia.

Sementara untuk tujuan untuk membangun koloni manusia di planet tersebut, masih belum terpikirkan. “Itu masih lebih mirip dengan cerita science fiction,” kata Djamaluddin. Sebab, untuk mencapai planet Zarmina yang jauhnya sekitar 20 tahun cahaya (sekitar 200 triliun km), butuh waktu yang sangat lama.

Menurut Vogt, sebuah pesawat luar angkasa berkecepatan sepersepuluh kecepatan cahaya (kecepatan cahaya adalah 300 ribu km per detik), baru akan membawa manusia sampai ke planet itu dalam waktu 220 tahun.

Saat ini, mungkin hanya Kapten Kirk dengan USS Enterprise-nya yang bisa membawa manusia ke Zarmina. Kecepatan aman USS Enterprise yang mencapai 5 Warp (sekitar 100 kali kecepatan cahaya) secara teoritis bisa membelah jarak bumi ke Zarmina hanya dalam tempo kurang dari 2 jam.


Hangatnya seperti di Meksiko atau Ekuador. Planet itu layak huni bagi manusia.
Kita lihat saja nanti...
READ MORE » Planet 'Kembaran' Bumi Zarmina?