Webmaster SEO Tools

Free xml sitemap generator

Laman

Membaca Barcode

Artikel ini mungkin gak berguna bagi programmer delphi yang sudah mahir, akan tetapi mungkin sangat dibutuhkan oleh programmer yang baru saja belajar dan ingin mengembangkan aplikasi dengan menggunakan perangkat barcode reader. Nah sebelumnya mungkin apa ya barcode reader itu :

Barcode Reader adalah alat yang digunakan untuk membaca kode barcode. Tanpa kita sadari bahwa setiap hari kita apat menemui barcode pada barang-barang yang kita gunakan sehari-hari. Seperti pada pasta gigi, sabun, pada makanan-makanan ringan, dll.
Barcode dibedakan menjadi 2 jenis barcode :

1. barcode 1 dimensi
barcode 1 dimensi terdiri dari garis-garis yang berwarna putih dan hitam. warna putih untuk nilai 0 dan warna hitam untuk nilai 1.

2. barcode 2 dimensi
sedangkan barcode 2 dimensi sudah tidak berupa garis-garis lagi, akan tetapi seperti gambar. jadi informasi yang tersimpan didalamnya akan lebih besar.
untuk membuat kode barcode dari delphi kita dapat memanfaatkan rave report yang udah include pada delphi versi 7. kita dapat memilih type dari barcode yang akan kita buat. diantaranya barcode untuk produk ritail, buku perpustakaan, anggota berbeda-beda. Kode yang akan kita buat bisa bebas asalkan hanya digunakan pada sistem disuatu tempat seperti perpustakaan, akan tetapi untuk produk yang akan di edarkan dipasaran harus didaftarkan terlebih dahulu ke GS1 agar tidak sama dengan produk yang lain.
Untuk menggunkan perangkat barcode pada aplikasi kita sangat mudah. Sistem kerja sebuah barcode reader hampir sama dengan inputan pada kayboard. jadi tidak diperlukan lagi driver atau komponent untuk menggunakan barcode reader pada delphi. kita tinggal hubungkan barcode ke PS2 kemudian komputer sudah menganggap barcode reader tersebut adalah kayboard. Perbedaan barcode reader dengan keyboard adalah barcode reader membaca sebuah kode barcode kemudian memasukan kode tersebut kedalam komputer dengan menambahkan karakter enter atau chr(13). Nah untuk itu kita tinggal memberikan event onkeypress pada Tedit yang akan kita gunakan sebagai input kode barcode. pada event tersebut kita berikan prosedure sebagai berikut :

procedure TForm1.Edit1KeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
begin
//pada input barcode reader pasti diakhir karakter mendapat tambahan karakter enter atau chr(13) misal 1234567 menjadi 1234567 chr(13)
if key = chr(13) then //apabila ditekan enter
//proses setelah penekanan enter
end;

nah mudahkan menggunakan perangkat barcode reader.

1 komentar:

Delphi newbie mengatakan...

Tq mas bro, artikelnya sangat membantu, kebetulan ane lagi nyari bikin aplikasi dg barcode.

Poskan Komentar

jangan lupa untuk di praktekkan ya sobat squad1 and happy blogging :)