Webmaster SEO Tools

Free xml sitemap generator

Halaman

Serat Optik Kini Dukung Transmisi 200Gbps

Nokia Siemens Networks telah melakukan uji coba laboratorium yang berhasil mentransmisikan data dengan kecepatan 200Gigabit per detik (200G) melalui serat optik standar. Keberhasilan uji coba ini menandai langkah penting menuju jaringan 400G.

Uji coba tersebut dilakukan menyusul pengumuman terbaru Nokia Siemens Networks mengenai peralatan Dense Wavelength Division Multiplexing (DWDM) yang siap mendukung kecepatan hingga 400G. Diperkirakan, operator jaringan akan dapat menggelar jaringan optik siap 400G pada 2011.

“Uji coba terbaru kami menunjukkan bahwa saat ini sangat mungkin menggunakan kembali jaringan serat optik yang ada dan melipatgandakan kecepatan per panjang gelombang hingga 200G,” kata Oliver Jahreis, Head of Product Management for WDM Networks, Nokia Siemens Networks, pada keterangannya, 4 Oktober 2010.

Perkembangan ini, kata Jahreis, merupakan tonggak sejarah penting dan menunjukkan bahwa kita berada di jalur yang tepat menuju pendekatan yang hemat biaya untuk jaringan 400G dan seterusnya.

Jahreis menyebutkan, ketika permintaan untuk jaringan transport kapasitas tinggi terus meningkat, para operator jaringan perlu meningkatkan kecepatannya per panjang gelombang dalam jaringan mereka yang sudah ada. “ Ini akan membantu para operator mendapatkan hasil maksimal dari investasi mereka, karena menambah jalur serat optik tambahan untuk memenuhi kebutuhan kapasitas merupakan pilihan yang mahal,” ucapnya.

Perpindahan ke 400G adalah langkah berikut dalam penggelaran transport optik, menyusul jaringan 10/40/100G saat ini.

“Penggunaan kembali serat optik yang ada untuk evolusi menuju kapasitas jaringan yang lebih tinggi akan melindungi investasi para operator, serta memberikan Kecepatan data yang lebih tinggi kepada pengguna akhir,” ucap Jahreis.

Nokia Siemens Networks melaksanakan uji coba ini di pusat penelitian dan pengembangannya di Munich dengan menggunakan peralatan prototipe yang dikembangkan.

0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa untuk di praktekkan ya sobat squad1 and happy blogging :)