Webmaster SEO Tools

Free xml sitemap generator

Laman

Malaysia Tidak Terima Batik Menjadi Budaya Indonesia

KUALA LUMPUR, Sept 17 (Bernama) - Malaysia akan mempelajari keputusan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Organisasi untuk mengakui batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Intangible kata Wakil Perdana Menteri Tan Sri Muhyiddin Yassin hari Kamis.

Pemerintah akan membuat studi untuk memastikan apakah keputusan tersebut akan memberikan pengaruh pada pembuatan batik tradisional di negeri ini.

"Saya tidak memiliki rincian lengkap (keputusan UNESCO) karena juga memiliki batik malaysia. Kita akan menganalisis arti sebenarnya keputusan dan apakah keputusan itu akan mempengaruhi produksi batik di sini," katanya kepada wartawan setelah menyaksikan penandatanganan dua perjanjian di sini.

Kedua perjanjian telah ditandatangani antara UEM Land Holdings Berhad dan Malaysia Biotech Corporation Sdn Bhd serta antara Holista-Colltech dan Universiti Sains Malaysia (USM) dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM).

Muhyiddin itu sebelumnya diminta untuk mengomentari UNESCO keputusan untuk September 8 daftar batik Indonesia di antara daftar warisan budaya tak berwujud, meski pengumuman resmi hanya diharapkan pada pertemuan Komite Antar Pemerintah Intangible Heritage, diselenggarakan dari 28 September-2 Oktober di Abu Dhabi , UAE.

Menyusul keputusan itu, Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono telah menghimbau semua orang Indonesia untuk memakai batik on Oct 2, untuk menandai hari sebagai hari resmi batik.

Muhyiddin mengatakan tidak hanya malaysia, tapi negara-negara seperti India dan Singapura juga memiliki keahlian untuk memproduksi batik mereka sendiri.

"Batik tidak hanya diproduksi oleh Malaysia dan Indonesia, melainkan India dan Singapura juga memiliki batik. Perbedaannya hanya pada nama dan teknologi yang terlibat. Meskipun demikian, saya akan memeriksa keputusan UNESCO," katanya.

Ini namanya maling teriak maling ^^

0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa untuk di praktekkan ya sobat squad1 and happy blogging :)