Webmaster SEO Tools

Free xml sitemap generator

Laman

Trouble Shooting Bag 1

Trouble Shooting


sudah lama saya tidak memposting artikel walaupun artikel yang sebelum-sebelumnya hasil copas dari beberapa situs hhe :p dan Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang masalah trouble shooting dan semoga saja artikel ini bisa membantu teman-teman saperjuangan saya yang sama-sama sedang mengerjakan tugas merangkum dari Pak Arkim hhe >.< Peace ...


Komputer merupakan alat yang tergolong penting saat ini,kita ambil salah satu contoh pada kegiatan perkantoran,tentunya dengan adanya computer maka pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Sebagai pengguna computer tentunya kita juga pernah mengalami masalah dengan computer. Hal tersebut dapat diakibatkan adanya ketidaksesuain dari komponen dasar computer itu sendiri yang biasanya berkaitan dengan Software (perangkat lunak/aplikasi) Hardware (perangkat keras) Brainware (si pengguna computer).


Pengertian Trouble Shooting Komputer :

Dalam dunia computer, segala sesuatu masalah yang berhubungan dengan Trouble Shooting dan timbulnya masalah dalam computer tentu ada sebabnya, pada kesempatan ini kita akan sedikit belajar mendeteksi masalah pada computer terutama yang berhubungan dengan hardware.

Untuk permasalahan dengan software sebaiknya kita lakukan pendeteksian sederhana seperti pemeriksaan file-file yang berhubungan dengan software /spesifikasi permintaan (requirement) dari software. Apabila masalahnya cukup rumit,sebaiknya anda install ulang saja software tersebut. Karena akan terlalu rumit untuk memperbaiki sebuah software sedangkan untuk permasalahan dengan Brainware penulis hanya bias memberikan saran “Istirahat Dulu Deh”….


Teknik Dalam Trouble Shooting

Terdapa dua macam teknik dalam mendeteksi masalah dalam computer, yaitu Forward dan Bookword.

Teknik Forward

Sesuai dengan namanya dalam teknik ini segala macam masalah di deteksi semenjak awal computer di rakit dan biasanya teknik ini hanya digunakan oleh orang-orang dealer computer yang sering melakukan perakitan computer. Pada teknik ini hanya dilakukan pendeteksian masalah secara sederhana dan dilakukan sebelum computer dinyalak (dialiri listrik) contoh:
- Setelah computer dirakit, maka dilakukan pemeriksaan pada semua hardware yang telah terpasang misalnya memeriksa hubungan dari kabel power supply ke soket power pada motherboard.
- Untuk casing ATX kita periksa apakah kabel power suritch sudah terpasang dengan benar.

Teknik Bookword

Hampir sama dengan sebelumnya teknik Bookword adalah teknik untuk mendeteksi kesalahan pada computer setelah computer dinyalakan teknik ini banyak di gunakan karena pada umumnya masalah dalam computer baru akan timbul setelah “Jam Terbang “ komputernya baru banyak dan ini merupakan hal yang wajar contoh:
-Floopy Disk yang tidak dapat membaca disket dengan baik
-Komputer tidak mau menyala saat tombol power pada casing di tekan.


0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa untuk di praktekkan ya sobat squad1 and happy blogging :)